humas 1

Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaaan Universitas Mulawarman (UNMUL) menyelenggarakan Seminar Kepustakawanan dengan tema Mewujudkan Perpustakaan Digital 4.0 dan Society 5.0 Dalam Memberikan Pelayanan Prima. Acara dilaksanakan di Gedung UPT Perpustakaan UNMUL, Rabu (27/11), dihadiri dari berbagai para pustakawanan, ada dari pustakawan perguruan tinggi, pustakawan instansi, dinas sekolah dan festival daerah berbagai perguruan tinggi yang ada di Kaltim.

“Semoga diadakannya seminar hari ini kita bisa terinspirasi dan bisa mengupgrade diri dalam menyesuaikan profesi kita dalam memberikan pelayanan kepada mahasiswa, siswa dan masyarakat lainnya. Saya berterimakasih kepada seluruh panitia dan dari anggota FPPTI yang mendukung acara ini dan memberikan banyak sumbangsih pada pelaksanaan acara ini. Terima kasih juga kepada atas kedatangan para peserta sehingga bisa berkumpul dalam melaksanakan acara seminar,” kata Ketua Panitia Seminar Kepustakawanan Asriani, S.Sos., M.Si.

humas 2

Sementara, Kepala UPT Perpustakaan UNMUL Supadi, S.Sos., M.Si dalam sambutannya menyampaikan UPT Perpustakan dalam menyelenggarakan seminar ini merupakan bagian dari tugas pokok dan fungsi (tupoksi) yaitu untuk pengabdian ke masyarakat didalam petunjuk teknis kita tidak terlepas ada pengembangan organisasi, profesi dan pengabdian. “salah satunya bagaimana kita untuk menyampaikan informasi didalam seminar ini. UPT Perpustakaan UNMUL berkomitmen untuk memberikan pelayanan prima, yaitu disesuaikan dengan tema kita yaitu mewujudkan perpustakaan yang digital. Tema ini diambil untuk mendukung visi dan misi perguruan tinggi yaitu UNMUL yang pada intinya ingin mewujudkan perguruan tinggi yang berstandar internasional di tahun 2032. Tapi kami melihat kemampuan dari UNMUL dengan gigihnya tidak sampai ditahun tersebut kemungkinan Insha Allah Tahun 2027 atau 2028 akan tercapai,” tuturnya.

Lebih lanjut, ia menambahkan, UPT Perpustakaan UNMUL mempunyai visi yaitu menyiapkan ilmu kepada mahasiswa bagaimana menciptakan SDM yang unggul, inovatif dan bertakwa. Ini ada kaitannya dengan society 5.0, jadi apalah arti kita memiliki kemampuan dalam melaksanakan kegiatan dengan IT tapi dari segi keagamaan kita berkurang maka tidak akan berjalan dengan baik, hal tersebut berkaitan dengan seminar kita hari ini.

humas 3

humas 4

Kegiatan seminar ini dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik yang dalam kesempatan kali ini diwakili oleh Staf Khusus Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Ir. H. Agus Sulistyo Budi menjelaskan, hari ini kita melaksanakan seminar kepustakawanan, bagi universitas dan dan pendidikan kita ketahui bahwa perpustakaan merupakan pusat kegiatan pembelajaran dari semua lini. Namun, kesadaran ini masih belum kita punyai. Kami sangat berharap UPT Perpustakaan UNMUL bisa menjadi contoh dalam mengupgrade di era globalisasi dan digital ini.

“Kita tertantang karena sebentar lagi kita menjadi universitas di Ibu Kota Negara. Ini merupakan satu tantangan yang luar biasa jadi kita paling tidak memiliki visi yang internasional. Tentunya banyak yang diupgrade terutama mengenai bahasa, yaitu Bahasa Inggris,” pintanya. (hms/zul)

humas 5

humas 6