"Key Performance Indicator (KPI) merupakan komponen Sistem Manajemen Kinerja yang diimplementasikan dalam sebuah perusahaan. Seluruh bidang usaha memerlukan KPI untuk meningkatkan dan mengukur kinerjanya agar sesuai dengan harapan dan kemajuan zaman. Salah satu bidang usaha yang perlu dilakukan pengukuran kinerjanya adalah bidang jasa. Dengan semakin berkembang dan beragamnya bisnis jasa, perus…
Standard Operating Procedure (SOP) dan Key Performance Indicator (KPI) merupakan perangkat tata kelola perusahaan modern yang digunakan untuk memastikan aktivitas bisnis perusahaan berjalan lancar, sekaligus mengukur pencapaian terhadap sasaran yang diinginkan. Dalam tata kelola modern sebuah perusahaan, diperlukan sebuah sistem yang mengatur operasional perusahaan serta mekanisme untuk menguku…
Key Performance Indicator (KPI) merupakan bagian tak terpisahkan dari Sistem Manajemen Kinerja yang diimplementasikan dalam sebuah organisasi atau perusahaan. Dengan menerapkan Sistem Manajemen Kinerja, organisasi berupaya untuk memastikan agar arah pengembangan organisasi selaras dengan visi, misi, dan rencana strategi organisasi. Selain itu, organisasi harus menetapkan KPI yang tepat agar pen…