Buku ini membahas tentang strategi pembelajaran memiliki keterkaitan yang kuat dengan tujuan pembelajaran. Keterkaitan tersebut dapat dilihat dari gambaran perilaku maupun kompetensi yang harus dimiliki oleh siswa selama dan setelah jam pelajaran untuk mencapai tujuan tersebut. Dalam kurikulum saat ini, strategi atau metode pembelajaran tidak disajikan secara khusus, artinya guru dapat memilih …
Praktikum pengukuran kepribadian proyektif merupakan salah satu mata kuliah yang disajikan dengan metode ceramah, diskusi, role play, dan praktikum. Berdasarkan materi yang disajikan, mata kuliah ini diberikan dengan dua pendekatan sesuai tempat pembelajaran yaitu di kelas dan di ruang praktikum. Materi yang disajikan di kelas berisi konsep dan teori yang dibutuhkan mahasiswa untuk memahami kon…
Buku ini terdiri atas empat bagian yang disusun dengan urutan yang memudahkan pembaca. Dimulai dari Bagian 1 yang membahas tentang cara menulis dan memublikasikan artikel dalam bidang kedokteran. Pada Bab 1, pembaca akan dimotivasi untuk menulis. Sementara itu, pada Bab 2 pembaca dituntun dalam diperhatikan sebelum memulai menulis dan menulis konsep awal (draft). Pada Bab 3, akan dijelaskan mat…
Buku ini terdiri empat bagian.Dimulai bagian 1 membahas tentang cara menulis dan memublikasikan artikel dalam bidang kedokteran. Pembahasan dibagian 2 meliputi struktur kalimat, modal verb, tenses, tanda baca, articles, dan nouns. Pada bagian 3 dijelaskan bahasan lebih dalam mengenai penelitian, yakni mengenai teori/materi dasar statistik. Bagian 4 menjelaskan tentang cara menggunakan pubmed da…
Dalam Kata Kota Kita, kita dibawa singgah dari Central Park di New York, purnama di Ankara, kemacetan di Jakarta, hingga indahnya Pantai Ora di Ambon. Dan seusai penjelajahan, kita dibuat tersenyum dan menyadari betapa kayanya kita sebagai manusi. Kota-kota dalam kumpulan cerpen ini memberikan suaranya, menguarkan aroma, dan menunjukkan pemandangan yang ditulis dengan beragam tema, ditulis deng…
Pengajaran inklusi atau inclusive teaching tidak terlepas dari proses pendidikan itu sendiri, di mana inclusive teaching menggambarkan berbagai pendekatan pengajaran yang mempertimbangkan beragam kebutuhan dan latar belakang semua anak untuk menciptakan lingkungan belajar, sehingga semua siswa merasa dihargai dan memiliki akses yang sama untuk belajar. Namun bukan hal yang mudah bagi guru untuk…