Pembelajaran yang efektif dan berkualitas menjadi kunci terwujudnya generasi penerus berkualitas. Pemerintah telah menyadari hal ini dengan mencanangkan perbaikan dalam pembelajaran, salah satunya melalui penerapan model pembelajaran berbasis keterampilan berpikir tingkat tinggi. HOTS (higher order thinking skills) diharapkan mampu menjawab tantangan globalisasi sehingga dapat menjadikan pesert…
Setiap mahasiswa baik program sarjana maupun pasca sarjana diminta membuat tugas akhir berupa penyusunan skripsi maupun tesis sebagai syarat untuk mencapai kelulusan. Mereka dituntut untuk melakukan kegiatan penelitian. Kegiatan penelitian itu hanya dapat dilakukan ketika proposal penelitian disetujui. Buku ini disusun guna membantu mahasiswa dalam menulis proposal penelitian kuantitatif. De…
Buku ini menjadi referensi wajib bagi guru dan mahasiswa calon guru agar dapat mengelola dan melaksanakan kegiatan pembelajaran dikelas dengan sempurna.
Penyiapan sumber daya manusia yang memiliki daya saing tidak cukup hanya melalui kegiatan pembelajaran dengan strategi biasa. Tentu pembelajarannya harus menggunakan strategi khusus yang benar-benar memberikan skill, menanamkan karakter entrepreneur, dan mengarahkan peserta didik untuk menjadi seorang entrepreneur sedini mungkin. Dengan inovasi pembelajaran yang memadukan antara life skill dan …
Kelas yang senyap atau bahkan gaduh, tak terkendali, tidak interaktif, membosankan, dan membuat kantuk adalah pertanda dari kelas yang tidak kondusif. Jika hal ini dibiarkan tentu akan memengaruhi proses pembelajaran secara keseluruhan. Akibatnya, apa yang disampaikan oleh guru tidak dapat diterima dengan baik oleh peserta didik. Oleh karena itu, guru sebagai pemegang kendali dalam proses pembe…
Buku ini ditulis dengan tujuan untuk membantu mahasiswa, dosen dan juga para guru di Indonesia yang melaksanakan proses penelitian. Disusun secara lengkap, mencakup metode penelitian kuantitatif, metode penelitian kualitatif, serta metode penelitian tindakan kelas, dengan bahasa singkat dan padat namun mudah dipahami. Tidak hanya itu, penulisan metode penelitian dalam buku ini juga disertai con…
Buku ini memuat strategi dan metode khusus untuk menciptakan kegiatan pembelajaran luar kelas (outdoor learning) yang menarik. Wujud dari pemeblajaran menarik tersebut harus interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif serta memberikan ruang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan f…