Text
Sosiologi pendidikan
alam kajian sosiologi pendidikan kontemporer terdapat dua istilah menyangkut disiplin ilmu tersebut, yaitu educational sosiology yang digagas oleh Lester Frank Ward dan dan sosiology of education yang digagas oleh Robert Angell.Educational sosiology adalah usaha memcahkan masalah sosial, seperti kemiskinan, kebodohan, keterbelakangan, dan lain-lain melalui pendidikan. Adapun sosiology of education adalah usaha memecahkan masalah pendidikan melalui sosiologi. Oleh karena itu, tugas educational sosiology adalah memberikan jawaban terhadap masalah sosial melalui pendidikan. Pendidikan harus bisa menjawab hal itu, sedangkan tugas sosiology of education adalah memberikan jawaban sosiologis terhadap masalah pendidikan.
Buku yang ditulis oleh Dr. Mahmud, M.Si. mengikuti sosiologi pendidikan ala Angell, yaitu menjadikan sosiologi sebagai pemecah masalah-masalah pendidikan. Buku ini sangat tepat kehadirannya saat tidak banyak buku sosiologi pendidikan yang temanya lengkap dan mendalam. Oleh sebab itu, buku ini sangat tepat dijadikan pegangan oleh siapapun yang berminat mengkaji sosiologi pendidikan. Diantara kajian berbobot buku ini yang jarang ditemukan dalam buku-buku sosiologi pendidikan yang ada adalah tentang sosiologi ilmu pengetahuan, model-model analisis sosiologi pendidikan, penjelasan sosiologi tentang kemunculan ilmu pengetahuan , dan tema-tema lainnya.
Judul Seri | - |
---|---|
No. Panggil | 306.43 MAH s |
Penerbit | Bandung : Pustaka Setia., 2012 |
Deskripsi Fisik | 288 hlm.: ilus.; 24 cm |
Bahasa |
Indonesia |
ISBN/ISSN | 978-979-076-065-3 |
Klasifikasi | 306.43 |
Tipe Isi | - |
Tipe Media | - |
Tipe Pembawa | - |
Edisi | cet.1 |
Subjek | |
Info Detail Spesifik | - |
Pernyataan Tanggungjawab | Mahmud, H |
Tidak tersedia versi lain