Text
The well-formed mind : Model pembelajaran simas eric
Bidang pendidikan formal menjadi kata kunci mengelola bonus demografi yakni dengan perluasan akses pendidikan, peningkatan kualitas pendidikan, dan penyesuaian calon lulusan dengan dunia kerja. Salah satu upaya mengawal keberhasilan Indonesia emas adalah dengan perubahan paradigma mendidik di ruang-ruang kelas dan pendidik sebagai aktor utama dengan mencetak peserta didik yang well formed mind daripada peserta didik yang well educated mind.
Well educated mind menitik beratkan pada peserta didik yang mampu melakukan hafalan akan fakta dan konsep serta pola pendekatan yang dilakukan adalah teks book oriented sedangkan well formed mind mengutamakan pembentukan peserta didik yang memiliki pemikiran orisinal, mampu bereaksi cepat terhadap fakta baru, cepat menyintesis informasi yang belum dipelajari dan memiliki growth mindset.
Model Pembelajaran Simas Eric (SkImming, Mind MApping, QueStioning, Exploring, WRIting, Communicating) menjadi alternatif desain pembelajaran yang memungkinkan well formed mind terbentuk pada diri siswa dari ruang-ruang kelas. Sintaks pembelajaran ini mampu mendorong siswa untuk memiliki kemampuan penguasaan konsep, keterampilan metakognisi dan peningkatan keterampilan bersosialisasi yang menjadi salah satu softskills yang menentukan pada abad 21. Data dan bukti pendukung berupa penelitian eksperimen maupun pengembangan dengan model Simas Eric dari berbagai penjuru Indonesia disajikan untuk memperkuat argumen dasar penggunaan model pembelajaran inovatif ini.
Buku pengembangan model pembelajaran ini merupakan muara dari penelitian yang dilakukan oleh penulis mulai dari tahun 2012 yang secara konsisten mendesain dan melaporkan hasil penelitian di bidang pengembangan model pembelajaran. Setidaknya ada 9 penelitian pengembangan model maupun penelitian eksperimen yang dilakukan oleh penulis guna menguji dan menunjang klaim keberhasilan dari model pembelajaran Simas Eric ini.
Judul Seri | - |
---|---|
No. Panggil | 371.3 ERI t |
Penerbit | Yogyakarta : Deepublish., 2022 |
Deskripsi Fisik | viii, 130 hlm. : ilus. ; 23 cm |
Bahasa |
Indonesia |
ISBN/ISSN | 978-623-02-5430-7 |
Klasifikasi | 371.3 |
Tipe Isi | - |
Tipe Media | - |
Tipe Pembawa | - |
Edisi | Cet. 1 |
Subjek | |
Info Detail Spesifik | - |
Pernyataan Tanggungjawab | Ericka Darmawan |
Tidak tersedia versi lain