Text
Desain perencanaan pembelajaran
Mutu pembelajaran salah satunya ditunjang oleh kompetensi guru. Guru menjadi personal penting dalam interaksi pembelajaran untuk mewujudkan tujuan pembelajaran yang ditentukan, sesuai dengan tuntutan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar.
Salah satu kemampuan yang dikembangkan oleh guru adalah merencanakan dan mendesain pembelajaran. Kemampuan ini berkaitan erat dengan kompetensi pedagogik dan profesional guru, terutama pada aspek perencanaan, desain, pengembangan bahan ajar, penerapan model dan strategi pembelajaran, dan penilaian.
Selain aspek inti di atas, guru harus pula dapat mengembangkan pembelajaran sesuai dengan perkembangan mutakhir. Pembelajaran Abad 21, penerapan keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills), penguatan literasi, dan penguatan pendidikan karakter, menjadi poin penting dalam pembelajaran saat ini. Guru dapat merencanakan, mendesain, dan melaksanakan pembelajaran dengan penerapan 4C‟s, yaitu critical thinking, creative, collaborative, dan communication.
Buku ini disusun untuk memenuhi tuntutan dan kebutuhan tersebut. Isi buku disusun secara konseptual dan prosedural. Sisi konseptual dapat ditemukan pada Bab I dan Bab II, yang berisi mengenai beberapa konsep penting dalam merencanakan dan mendesain pembelajaran. Bagaimana guru mendesain secara praktis dan prosedural, disuguhkan pada Bab III.
Pembahasan pada Bab III meliputi urutan logis dan praktis perancangan pembelajaran, terutama sesuai dengan tuntutan Standar Proses Pembelajaran baik perspektif Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014 tentang Proses Pembelajaran maupun Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses. Pada Bab III ini, pembaca dipandu dalam menyusun berbagai aspek dokumentasi perencanaan pembelajaran. Adapun isu-isu mutakhir mengenai pendidikan dan pembelajaran dalam bingkai Kecakapan Abad 21 dijelaskan pada Bab IV.
Judul Seri | - |
---|---|
No. Panggil | 370.223 RUD d |
Penerbit | Yogyakarta : Deepublish., 2020 |
Deskripsi Fisik | xiv, 200 Hlm ; Iluss. ; 24 Cm |
Bahasa |
Indonesia |
ISBN/ISSN | 978-623-209-803-9 |
Klasifikasi | 370.223 |
Tipe Isi | - |
Tipe Media | - |
Tipe Pembawa | - |
Edisi | Cet 2 |
Subjek | |
Info Detail Spesifik | - |
Pernyataan Tanggungjawab | Rudi Ahmad Suryadi |
Tidak tersedia versi lain