Text
Sistem komunikasi anak dengan hambatan pendengaran
Bahasa ibu dikuasai anak mendengar apabila terdapat dua kondisi terpenuhi, yaitu akses terhadap bahasa dan jumlah yang besar dan kata pertama yang diucapkan anak (mama). Anak dengan hambatan pendengaran mampu melakukan akses terhadap sejumlah besar bahasa jika hambatan pendengarannya berada pada taraf ringan dan sedang, dibantu oleh alat bantu dengar, masukan bahasa yang diperoleh anak adalah lengkap (misalnya menggunakan kalimat singkat dan sederhana tetapi lengkap dari segi tata bahasa). Permasalahan utama anak dengan hambatan pendengaran bukan pada ketidakmampuannya dalam berkomunikasi melainkan ketidakmampuan untuk memahami lambang dan aturan bahasa. Sistem komunikasi bagi anak dengan hambatan pendengaran tidak terbatas pada manual (bahasa isyarat) karena seiring berjalannya waktu muncul metode lain yang bertujuan untuk mengembangkan dan memudahkan anak dengan hambatan pendengaran melakukan interaksi dan komunikasi lewat lingkungan. Buku ini menyediakan berbagai metode/sistem komunikasi yang dapat digunakan oleh mahasiswa sebagai calon pendidik untuk mengembangkan keterampilan bahasa dan komunikasi pada anak dengan hambatan pendengaran.
Judul Seri | - |
---|---|
No. Panggil | 302.222 DEW s |
Penerbit | Yogyakarta : Deepublish., 2021 |
Deskripsi Fisik | x, 164 hlm. : ilus. ; 25 cm |
Bahasa |
Indonesia |
ISBN/ISSN | 978-623-02-3284-8 |
Klasifikasi | 302.222 |
Tipe Isi | - |
Tipe Media | - |
Tipe Pembawa | - |
Edisi | Cet. 1 |
Subjek | |
Info Detail Spesifik | - |
Pernyataan Tanggungjawab | Dewi Ratih Rapisa |
Tidak tersedia versi lain