Text
Memahami metode penelitian komunikasi
Buku Memahami Metode Penelitian Komunikasi ini mendiskusikan beragam metode yang digunakan dalam penelitian komunikasi dengan pendekatan tunggal (kuantitatif atau kualitatif) dan pendekatan campuran (mixed-method). Buku ini diawali dengan tulisan tentang landasan atau pijakan filosofis dalam penelitian, yaitu paradigma. Tulisan kedua dalam buku ini mendiskusikan tentang pengertian dasar penelitian, yaitu riset dan proses riset. Setelah mendiskusikan landasan filosofis penelitian dan pengertian dasar penelitian, tulisan berikutnya adalah metode yang digunakan dalam penelitian komunikasi dengan pendekatan kuantitatif, yaitu survei, studi eksperimen, dan analisis isi. Survei merupakan metode pengumpulan data dari responden melalui pertanyaan terstruktur dan bertujuan untuk mendapatkan gambaran representatif tentang populasi atau kelompok tertentu. Berbeda dari survei, studi eksperimen sangat berguna dalam mengeksplorasi efek intervensi dalam bidang komunikasi, sosial, dan psikologi, serta memberikan bukti kuat tentang dampak perubahan variabel independen. Metode berikutnya yang dibahas dalam buku ini adalah analisis isi. Analisis isi adalah sebuah metode yang mengharuskan pengkodean dan analisis konten dalam teks, gambar, atau media lainnya untuk mengidentifikasi pola, tema, atau karakteristik tertentu dalam materi media. Buku ini juga membahas beragam metode penelitian komunikasi dengan pendekatan kualitatif seperti semiotika, analisis pembingkaian, studi kasus, dan retorika dan pentad dramatisme Kenneth Burke. Semiotika merupakan sebuah metode yang digunakan untuk memahami objek, dan peristiwa sebagai sekumpulan tanda dan mempelajari bagaimana tanda-tanda tersebut menghasilkan makna. Analisis pembingkaian adalah sebuah pendekatan untuk mengetahui bagaimana perspektif yang digunakan media (jurnalis) ketika menyeleksi isu dan menyampaikan. Sedangkan studi kasus merupakan penelitian empiris yang menitikberatkan pada penyelidikan fenomena sosial kontemporer dalam berbagai lini masyarakat sosial. Metode dengan pendekatan kualitatif yang dibahas dalam buku ini adalah retotika. Retorika dapat didefinisikan sebagai pesan-pesan yang didasarkan pada simbol-simbol verbal dan nonverbal yang lebih atau kurang dimaksudkan untuk memengaruhi sikap-sikap, nilai-nilai, keyakinan-keyakinan, dan tindakan-tindakan sosial.
Judul Seri | - |
---|---|
No. Panggil | 380.072 MEM |
Penerbit | Bandung : Remaja Rosdakarya., 2024 |
Deskripsi Fisik | viii, 373 hlm. : ilus. ; 24 cm |
Bahasa |
Indonesia |
ISBN/ISSN | 978-602-446-723-4 |
Klasifikasi | 380.072 |
Tipe Isi | - |
Tipe Media | - |
Tipe Pembawa | - |
Edisi | Cet. 1 |
Subjek | |
Info Detail Spesifik | - |
Pernyataan Tanggungjawab | Amida Yusriana |
Tidak tersedia versi lain