Text
Buku desain kurikulum PAUD
Desain kurikulum berbasis budaya adalah desain kurikulum yang berorientasi pada penyiapan generasi peserta didik yang berbudaya. Peserta didik yang berbudaya adalah peserta didik mampu mewujudkan perilaku yang sesuai dengan nilai kemanusiaan yang ada di lingkungan Nilai kemanusiaan yang berlaku di masyarakat dapat dijadikan sebagai acuan untuk menentukan materi yang dibahas dan diperkenalkan kepada anak melalui kebiasaan yang dilakukan di sekolah. Pendidikan yang berbasis budaya merupakan pendidikan yang diselenggarakan untuk mematuhi Standar Nasional Pendidikan yang diperkaya dengan keunggulan komparatif dan kompetitif, berdasarkan nilai luhur budaya agar peserta didik aktif dalam mengembangkan potensi didik sehingga menjadi murid yang unggul, cerdas, visioner, peka terhadap lingkungan dan keberagaman budaya serta tanggap dalam perkembangan dunia (Y. Astuti & Suryana, 2022).
Pembelajaran konseptual berkaitan pembelajaran dalam budaya setempat. Karakteristik pembelajaran usia dini dan pendidikan dasar masih menempatkan diri sebagai pusat belajar. Peserta didik berpikir secara konkrit dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi pada dunia sekitar. Untuk itu, budaya yang terintegrasi dengan peserta didik media yang dapat dikembangkan dan diimplementasikan pada pembelajaran di sekolah selanjutnya (Laksana et al., 2021).
Terdapat tujuh aspek terkait dengan kebudayaan. Aspek-aspek tersebut terdiri dari bahasa, kepercayaan nilai dan moral, perilaku, dan objek materi. Semua aspek merupakan segala yang diwariskan secara turun-temurun sehingga budaya menjadi dasar dalam pembelajaran berbasis budaya, terdiri dari pendidikan, ekspresi, dan komunikasi ide perkembangan IPTEK. Pembelajaran berbasis budaya adalah suatu strategi dalam menciptakan lingkungan belajar dan pengalaman belajar yang menjadikan budaya sebagian dari proses (Laksana et al., 2021).
Buku ini terdiri dari Beberapa Pembahasan diantaranya:
Kurikulum Berbasis Budaya Minangkabau
Desain Kurikulum Berbasis Budaya
Desain Kurikulum Berbasis Jaringan Sekolah Islam Terpadu
Kurikulum Berbasis Hasil Penelitian Dengan Pendekatan Saintifik
Konsep Pendekatan Saintifik
Penyusunan Rencana Pembelajaran Saintifik
Implementasi Pembelajaran Saintifik
Evaluasi Pembelajaran Saintifik
Desain Kurikulum Berbasis Teknologi
Sejarah Perkembangan Teknologi
Konsep Desain Kurikulum Berbasis Teknologi
Peran Teknologi Di Masa Pandemi
Implementasi Teknologi Di PAUD
Kurikulum Berbasis Tematik Terpadu
Struktur Kurikulum Merdeka
Judul Seri | - |
---|---|
No. Panggil | 375.001 NEN b |
Penerbit | Yogyakarta : Deepublish., 2023 |
Deskripsi Fisik | xii, 272 Hlm. Iluss. ; 25 Cm |
Bahasa |
Indonesia |
ISBN/ISSN | 978-623-02-7448-0 |
Klasifikasi | 375.001 |
Tipe Isi | - |
Tipe Media | - |
Tipe Pembawa | - |
Edisi | Cet. 1 |
Subjek | |
Info Detail Spesifik | - |
Pernyataan Tanggungjawab | Nenny Mahyuddin |
Tidak tersedia versi lain