Text
Model sekolah efektif : Dalam meningkatkan prestasi siswa melalui pendekatan afeksi
Pendidikan adalah faktor penting bagi setiap negara agar mampu berkembang dengan pesat. Negara yang maju menempatkan pendidikan sebagai prioritas utama. Hal ini dikarenakan, kesejahteraan rakyat dapat terwujud hanya dengan pendidikan. Meski begitu, perkembangan pendidikan di Indonesia selalu menghadapi beberapa masalah di setiap tahapnya. Dengan demikian, perlu adanya manajemen pendidikan dalam meningkatkan kualitas input dan output, serta proses yang digerakkan oleh kekuatan manajerial dan kepemimpinan pengelola kependidikan yakni kepala sekolah dan guru. Suharsaputra mengutip pendapat Fatah (2013) yang menyatakan bahwa setidaknya ada tiga faktor utama yang dibutuhkan dalam upaya peningkatan kualitas dan perluasan pendidikan, yaitu (1) kecukupan sumber-sumber pendidikan atau kualitas tenaga kependidikan, biaya, dan sarana belajar; (2) kualitas proses belajar-mengajar yang dapat mendorong siswa untuk belajar dengan efektif; dan (3) kualitas keluaran dalam bentuk pengetahuan, sikap, keterampilan, dan nilai-nilai (Damayanti, 2017).
Pendekatan kepada siswa sesuai dengan kebutuhan mereka akan perhatian dan sikap bersahabat guru dengan kasih sayangnya, merupakan salah satu bentuk tindakan yang harus diciptakan oleh pengelola pendidikan sehingga menjadi suatu kebiasaan atau budaya sekolah dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Manajemen sekolah efektif yang bertujuan meningkatkan prestasi siswanya, mengharuskan adanya kepemimpinan visioner (visionery leadership) dan budaya sekolah yang masing-masing memiliki keterikatan dalam sebuah model dengan pendekatan kasih sayang atau afeksi.
Judul Seri | - |
---|---|
No. Panggil | 371.2 AHM m |
Penerbit | Yogyakarta : Deepblish., 2021 |
Deskripsi Fisik | xx, 290 hlm. : ilus. ; 20 cm |
Bahasa |
Indonesia |
ISBN/ISSN | 978-623-02-3681-5 |
Klasifikasi | 371.2 |
Tipe Isi | - |
Tipe Media | - |
Tipe Pembawa | - |
Edisi | Cet. 1 |
Subjek | |
Info Detail Spesifik | - |
Pernyataan Tanggungjawab | Ahmad Zeni |
Tidak tersedia versi lain