Text
Sejarah pengembangan kurikulum di Indonesia
Buku ini hadir untuk mengungkapkan perjalanan panjang kurikulum di Indonesia, sebuah perjalanan yang sarat dengan makna; tantangan; dan transformasi. Buku ini tidak sekadar merangkai kronologi perubahan kurikulum semata, tetapi juga bertujuan menggali pemahaman mendalam mengenai kompleksitas kurikulum sebagai cermin perjalanan bangsa.
Sejarah kurikulum di Indonesia adalah refleksi dari perubahan zaman; perkembangan pendidikan; dan dinamika sosial-politik yang melingkupi bangsa ini. Sejak titik awal perjuangan merebut kemerdekaan, kurikulum telah menjadi tonggak utama yang mencerminkan visi serta arah pendidikan nasional.
Melalui buku ini, pembaca akan diajak menyelami ragam kurikulum yang pernah berlalu; menggali alasan-alasan di balik setiap perubahan; serta mengidentifikasi dampaknya terhadap perkembangan pendidikan di Indonesia.
Penyajian bab dalam buku ini adalah sebagai berikut.
Kurikulum sebagai Roh Pendidikan
Konsep Dasar Kurikulum
Kurikulum dalam Pendidikan
Pengembangan Kurikulum
Sejarah Kurikulum di Indonesia
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan 2006
Kurikulum 2013
Kurikulum K13 Revisi Tahun 2017
Kurikulum Merdeka
Struktur Kurikulum Merdeka
Merdeka Belajar Kampus Merdeka
Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar
Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar
Model Pembelajaran Berdiferensiasi
Implemetasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Jenjang SD, SMP, dan SMA Sederajat
Desain Pengembangan Kurikulum Merdeka Jenjang Perguruan Tinggi
Penilaian dalam Kurikulum Merdeka
Judul Seri | - |
---|---|
No. Panggil | 375.001598 ROL s |
Penerbit | Malang : Literasi Nusantara Abadi., 2024 |
Deskripsi Fisik | xii, 216 Hlm. : Iluss. ; 23 Cm |
Bahasa |
Indonesia |
ISBN/ISSN | 978-623-114-767-7 |
Klasifikasi | 375.001598 |
Tipe Isi | - |
Tipe Media | - |
Tipe Pembawa | - |
Edisi | Cet. 1 |
Subjek | |
Info Detail Spesifik | - |
Pernyataan Tanggungjawab | Roli Fola Cahya Hartawan |
Tidak tersedia versi lain