Text
Pelayanan publik teori dan praktik
Pelayanan adalah suatu kegiatan atau urutan kegiatan yang terjadi dalam interaksi langsung antara seseorang dengan orang lain atau mesin secara fisik, dan menyediakan kepuasan pelanggan.
Pelayanan publik adalah suatu kegiatan atau urutan kegiatan dalam rangka memenuhi kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi setiap warga Negara dan penduduk atas suatu barang, jasa, dan/atau pelayanan administratif yang disediakan oleh penyelenggara Negara, korporasi, lembaga independen yang dibentuk berdasarkan undang-undang untuk kegiatan pelayanan publik, dan badan hukum lain yang dibentuk semata-mata untuk kegiatan pelayanan publik.
Buku Pelayanan Publik Teori dan Praktik ini membahas Konsep pelayanan publik, ruang lingkup pelayanan publik, Inovasi Pelayanan sektor publik, strategi pelayanan berfokus pelanggan, pelayan prima sektor publik dan pengukurannya, pelayanan prima dan era globalisasi, merumuskan standar pelayanan minimal, dan pengukuran indeks kepuasan masyarakat.
Konsep Pelayanan Publik membahas berbagai perspektif pelayanan publik dari sisi locus dan focus old public administration, new public administration, new public management, dan new public service dengan ruang lingkup pelayanan publik yang dirinci dan dijelaskan secara komprehensifmenganai kepentingan warga negara yang harus dipenuhi oleh aparatur pemerintah, baik kebutuhan primer maupun kebutuhan sekunder.
Inovasi pelayanan sektor publik membahas konsep inovasi yang sangat penting dan strategis dipahami serta diterapkan untk memajukan dan mensejahterakan masyarakat di daerah. Inovasi pelayanan sektor publik juga menjelaskan berbagai tipologi inovasi yang mengarahkan mahasiswa dan praktisi melakukan inovasi sesuai kebutuhan organisasi dengan strategi pelayanan yang berfokus pelanggan. Strategi pelayanan sektor privat diadopsi ke dalam sektor publik agar tercipta hubungan yang harmonis antara aparatur pemerintah dan warga negara dalam membangun bangsa dan negara.
Pelayan prima sektor publik dan pengukurannya membahas pelayanan prima secara teoritis, konseptual dan normatif yang mengharapkan setiap unit pelayanan masyarakat menunjukkan pelayanan yang prima dengan indikator masyarakat merasa puas. Akan dijelaskan mengnai indikator dan karakteristik pengukuran serta metode penggunaan pengukuran yang menilai kinerja unit pelayanan pemerintah dan aparaturnya.
Pelayanan prima dan era globalisasi membahas bagaimana strategi untuk meraih kemenangan kompetitif di era globalisasi dengan cara memberikan pelayanan prima kepada masyarakat berkepentingan berdasarkan standar pelayanan minimal dan pengukuran indeks kepuasan masyarakat sebagai alat ukur kinerja unit pelayanan.
Judul Seri | - |
---|---|
No. Panggil | 352.63 BAD p |
Penerbit | Bandung : Manggu Makmur Tanjung Lestari., 2023 |
Deskripsi Fisik | xii 229 Hlm. : Iluss. ; 20 Cm |
Bahasa |
Indonesia |
ISBN/ISSN | 978-602-50508-8-6 |
Klasifikasi | 352.63 |
Tipe Isi | - |
Tipe Media | - |
Tipe Pembawa | - |
Edisi | Cet 1 |
Subjek | |
Info Detail Spesifik | - |
Pernyataan Tanggungjawab | Badu Ahmad |
Tidak tersedia versi lain