Hakikat pendidikan adalah mengoptimalisasikan seluruh potensi (kecerdasan) manusia. Seluruh potensi manusia berpusat pada otaknya. Ilmu yang mempelajari otak adalah neurosains sehingga pendidikan perlu memasukkan neurosains ke dalam praksis pembelajaran. Ironisnnya, selama berabad-abad pendidik mengubah otak anak (mengembangkan potensi peserta didik) tanpa pengetahuan sedikitpun tentanq neurosa…
Buku ini memuat sembilan bagian : Bagian 1 : Pendahuluan Bagian 2 : Pentingnya pendidikan anak dini usia dalam membangun masa depan bangsa Bagian 3 : Optimalisasi pertumbuhan anak melalui pendidikan anak dini usia Bagian 4 : Peran orang tua dalam pendidikan anak dini usia Bagian 5 : Mengembangkan kecerdasan anak sejak dini Bagian 6 : Kiat mencerdaskan anak sejak dini Bagian 7 : Mengasah…
Nilai penting periode anak usia dini bagi pertumbuhan dan perkembangan anak di masa yang akan datang, semakin disadari oleh para orangtua. Kesadaran yang terus tumbuh tersebut menimbulkan eskalasi minat terhadap pendidikan anak usia dini yang berkualitas dan bisa memenuhi harapan mereka. Eskalasi tersebut ditambah dengan perkembangan dan pengembangan metode belajar mengajar membuat PAUD mulai b…
Merupakan keniscayaan jika PAUD tidak berkutat hanya dengan calistung (membaca, menulis, berhitung) upaya yang hanya asyik dengan penajaman kognisi. PAUD lebih dari sekedar calistung. Pendidikan bagi anak usia dini harus melampaui calistung, mesti dikembangkan kemampuan melakukan analisis dan seleksi informasi dari berbagai sumber, berani menghadapi ketidakpastian dengan percaya diri, memecahk…