Buku ini, yang dipandu oleh kesungguhan dan kearifan, mempersembahkan pandangan yang mendalam tentang bagaimana pendidikan agama Islam dapat diimplementasikan secara inklusif dan penuh kearifan dalam realitas yang kaya akan pluralitas. Perspektif multikultural yang diusungnya menjadi pencerminan dari pentingnya menghargai dan merangkul perbedaan budaya serta nilai-nilai yang melintasi batas-bat…
Jika banyak filsuf lainnya masih berspekulasi tentang asal mula dan masa depan kehidupan maka filsafat dalam islam - yang berdasarkan wahyu - sudah memberikan ilmu yang jelas dan tidak spekulatif. Asal-usul manusia sudah sangat jelas yaitu berasal dari keturunan Adam a.s. Ketika manusia menolak informasi wahyu maka secara otomatis mereka akan berspekulasi. Malangnya berspekulasi kemudian diberi…
Sejarah Laksamana Cheng Ho dalam pelayaran dan dakwahnya terutama di Nusantara adalah berkah sejarah yang hingga kini mendorong banyak penelitian tentangnya. Di pusat-pusat penelitian sejarah, di kampus-kampus, di komunitas-komunitas diskusi, kelompok-kelompok belajar, dan di mana saja sejarah itu dibaca, sosok Cheng Ho tak pernah bosan dibedah. Tokoh yang terkenal dengan ekspedisinya itu seper…
Pendidikan Islam sebagai salah satu disiplin ilmu menjadi alternatif dalam rangka membentuk manusia menjadi lebih baik dalam aspek kognitif, afektif, maupun psikomotoriknya. Dengan begitu, manusia, khususnya pendidik dan peserta didik dapat mengembangkan potensi yang dimiliki menuju perubahan yang lebih baik serta mengangkat harkat dan martabatnya sebagai manusia yang merupakan ciptaan-Nya yang…
Buku ini Mengungkap konsep dan metode yang tergabung dalam konsep Tazkiyah Al-Nafs sebagai cara untuk membersihkan dan pengembangan jiwa , serta mengejar kedekatan dengan tuhan. Para pembaca akan diajak untuk merenungkan kepentingan kesehatan jiwa dalam Islan dan bagaimana hal ini terkaiat dengan kesehatan mental dan emosional seseorang Buku ini akan mengIlhami pembaca untuk menghadapi tantanga…
Islam memiliki visi misi untuk memberikan rahmat ke semesta alam, itu artinya bahwa agama Islam tidak hanya diprioritaskan kepada umat manusia saja, namun kepada seluruh makhluk yang ada dalam alam semesta meliputi tumbuhan, hewan, udara, planet, angkasa, asteroid dan lainnya. Oleh sebab itu, Islam merupakan agama yang tidak mendikotomi kepada semua makhluk, namun agama Islam memprioritaskan ba…
Pendidikan Islam merupakan suatu paradigma pembelajaran yang tidak bisa dilepaskan dari transformasi nilai-nilai Islam berbasis pendidikan baik melalui proses pedagogis, andragogis, ataupun heutagogis. Pendidikan Islam mengacu pada proses pendidikan yang berfokus pada ajaran-ajaran dan nilai-nilai agama Islam. Tujuan utama dari pendidikan Islam adalah membentuk individu yang beriman kepada Alla…
Multikultur hadir di Indonesia sejak Republik Indonesia terbentuk. Hanya saja, pada masa Orde Baru, pemahaman ini belum diketahui oleh banyak orang. Kesatuan, persatuan, dan stabilitas negara-bangsa adalah pilar dari tiga pembangunan: pertumbuhan ekonomi, stabilitas politik, pemerataan kesejahteraan umum, dan kebebasan beragama. Namun, agama-agama yang berhak hidup adalah yang diakui secara res…
Buku ini di susun dilatarbelakangi oleh lima alasan, yaitu : pertama, keprihatinan terhadap pelaksanaan pendidikan agaman di Perguruan Tinggi Umum (PTU); kedua, adanya kesan kurang positif dari sebahagian masyarakat terhadap pelaksanaan kuliah pendidikan agama islam (PAI) di PTU; ketiga, adanya sinyalemen sebahagian besar mahasiswa PTU bahwa kuliah PAI cukup membosankan, materinya tindih, metod…
Buku ini membahas berberapa terdiri dari 5 bab yaitu : BAB I pendahuluan BAB 2 Pendidikan alat pewaris nilai nabawi BAB 3 Pengertian ilmu dan kedudukan dalam Islam BAB 4 Didaktik dan pendekatan Nabi SAW serta metodiknya dalam mengajar BAB 5 Pengertian Ta'lim dan Ruang Lingkungannya.