Agribisnis merupakan kegiatan usaha yang berkaitan dengan pertanian dan menjadi komponen penting bagi perekonomian negara. Kegiatan produksi, penanganan pascapanen, dan distribusi menjadi siklus yang terus terjadi secara berkelanjutan dalam kegiatan bisnis pertanian. Tanaman hortikultura menjadi komoditas yang memiliki masa depan cerah untuk dibudidayakan, karena tinggi kandungan nutrisi dan ke…
Buku ini merupakan salah satu wujud perhatian penulis terhada Manajemen Agribisnis. Manajemen merupakan koordinasi atau pengelolaan dari sumber daya yang dimiliki oleh organisasi untuk mencapai tujuan dari organisasi tersebut. Sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan atau organisasi mempunyai keterbatasan (langka), oleh sebab itu penggunaannya harus diperhitungkan dengan seksama sehingga akan …
Digital marketing adalah strategi atau upaya untuk memasarkan atau mempromosikan produk melalui segala jenis media digital, baik melalui internet atau jaringan lainnya yang saling terhubung. Dengan banyaknya media digital di sekitar kita saat ini, sudah jelas bahwa digital marketing adalah cara pemasaran yang sangat efektif. Media pemasaran digital mencakup saluran komunikasi yang sering kita j…
Pengantar Manajemen Agribisnis membawa pembaca dalam perjalanan mendalam melalui kompleksitas manajemen dalam konteks agribisnis modern. Penulisnya menggabungkan pengetahuan mendalam tentang industri pertanian dengan prinsip-prinsip manajemen yang terbukti efektif. Melalui tinjauan yang cermat, pembaca akan dibimbing melalui perencanaan strategis, pengorganisasian operasional, pengawasan produk…
Aktivitas pemasaran merupakan hal yang paling penting dalam sistem agribisnis mulai dari penyediaan sarana produksi pertanian (subsistem input), usahatani (on farm), pemasaran dan pengolahan hasil pertanian, serta subsistem penunjang (penelitian, penyuluhan, pembiayaan/kredit, intelijen pemasaran atau informasi pemasaran, kebijakan pemasaran). Tujuan dari pemasaran yaitu menjembatani apa yang d…
Buku ini hadir sebagai solusi bagi para akademisi, praktisi, maupun masyarakat umum yang terkendala dalam mengoptimalkan ketersediaan data sekunder untuk kajian ekonomi pertanian dan agribisnis pada khususnya dan pembangunan ekonomi pada umumnya. Tulisan pada buku ini menggunakan basis data yang berasal dari institusi yang dapat diandalkan dan merupakan acuan bagi para pemangku kepentingan, ant…
Buku ini disusun untuk memberikan alternatif pustaka bagi pihak-pihak yang sedang mempelajari agribisnis, khususnya agribisnis bawang merah. Buku ini dibagi menjadi tiga bagian, bagian pertama pendahuluan berisi tentang konsep agribisnis dengan komponen pendukungnya, pendekatan sistem dalam agribisnis, dan peranan sektor agribisnis dalam perekonomian di Indonesia; bagian kedua membahas tentang …
Permasalahan agribisnis rumput laut di Indonesia maupun di Sulawesi Tenggara dipaparkan mulai dari sub sistem input, on farm, off farm dan pemasaran hingga pada subsistem pendukung dan cara mengatasi permasalahan. Untuk mengatasi permasalahan pada subsistem input diperlukan teknologi perbanyakan bibit unggul, baik dengan menggunakan kultur jaringan maupun dengan sengaja menanam bibit yang unggu…
Manajemen strategis merupakan rangkaian proses perencanaan, implementasi serta evaluasi yang dirancang untuk menciptakan, mempertahankan atau meningkatkan keunggulan kompetitif. Perencanaan melibatkan pengembangan model bisnis, visi misi perusahaan, taktik kompetitif. strategi dan tindakan kolaboratif. Tahap implementasi membutuhkan kepemimpinan untuk mambangun struktur organisasi yang sesuai, …