Buku ini hadir untuk memberikan panduan dan wawasan bagi para pendidik, orang tua, serta semua pihak yang peduli terhadap perkembangan peserta didik agar pembelajaran yang terjadi tidak hanya sebatas transfer ilmu, tetapi juga memberikan makna yang mendalam bagi kehidupan mereka. Pembelajaran bermakna bukanlah sekadar memahami materi pelajaran, tetapi juga bagaimana peserta didik mampu mengaitk…
Buku Research-Based Learning (Bagaimana Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tinggi Pada Siswa) merupakan karya dari Dr. Yuni Asdhiani, M.Pd. Research-Based Learning (RBL) atau Pembelajaran Berbasis Penelitian adalah metode pembelajaran yang didasarkan pada penelitian atau pengembangan ilmu pengetahuan. Metode ini menekankan pada keterlibatan siswa dalam proses penelitian untuk memperoleh pemaham…
It is very true that teachers frequently face many challenges in their teaching, for example dealing with reluctant students, lack of teaching ideas, limited access to some materials, lack of technology supports, and so on. As consequences, teachers have to think hard to overcome these problems as they are responsible to run the learning process. Additionally, the curriculum changes have also c…
Dalam buku yang inovatif ini, “Model Pendekatan Kompetensi Pembelajaran pada Program Pendidikan Kesetaraan di PKBM,” pembaca diajak untuk menjelajahi dunia pendidikan yang inklusif dan berbasis kompetensi. Buku ini tidak hanya menyajikan teori konsep pendidikan masyarakat, kesetaraan, dan pendekatan pembelajaran, tetapi juga menghadirkan model pendekatan kompetensi yang praktis dan aplikati…
Kehilangan pendengaran tak hanya membuat penyandangnya mengalami hambatan dalam hal mendengar dan berbicara, tetapi juga menyeret segudang permasalahan lain. Mereka yang mengalami ketunaan dalam hal mendengar dan juga bicara, otomatis mengalami kesulitan dalam berkomunikasi dengan lingkungannya, terutama dalam hal menyesuaikan diri dengan kondisi yang belum lazim dialaminya. Akibatnya ,tak jara…
Dalam era yang semakin maju dan dinamis seperti sekarang ini, pendidikan menjadi salah satu aspek yang sangat penting bagi perkembangan generasi muda. Pendidikan tidak hanya sebatas pengetahuan akademik, tetapi juga mencakup pembentukan karakter dan moral yang kuat. Dalam konteks ini, pembelajaran akidah akhlak menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam upaya membentuk generasi yang berakhlak mu…
Dalam buku ini, penulis menjelaskan berbagai faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa, baik internal seperti intelektual dan emosional, maupun eksternal seperti lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. Lingkungan keluarga dianggap sebagai faktor paling dekat dan berpengaruh, dengan peran penting dalam menyediakan dukungan sarana, motivasi, dan disiplin. Lingkungan sekolah, dengan ko…
Buku ini menjelaskan bagaimana model pembelajaran terpadu, dari kerangka konseptual sampai praktikal. Model pembelajaran ini pada hakikatnya merupakan suatu pendekatan pemebelajaran yang memungkinkan peserta didik, baik secara individual maupun kelom[ok aktif mencari, menggali, dan menemukan konsep serta prinsip secara holistik dan otentik.
Belajar adalah proses mengubah perilaku atau pengetahuan, sedangkan pembelajaran adalah proses interaksi antara peserta didik dengan sumber belajar. Belajar dan pembelajaran merupakan aktivitas utama dalam proses pendidikan.
Sehubungan dengan perkembangan dunia pendidikan, peserta didik memerlukan penyerapan informasi yang berhubungan dengan pengetahuan, teknologi dan seni melalui belajar dan pembelajaran..Dalam kurun waktu yang lama, telah dikembangkan teori behaviorisma dengan tujuan pembentukan perilaku peserta didik. Kemudian muncul aliran kognitivisme yang menghargai perbedaan individu dalam penyerapan informa…