Selama ini, pembelajaran sejarah di sekolah kurang begitu diminati oleh peserta didik. Pelajaran sejarah dianggap sebagai pelajaran yang membosankan karena seolah-olah cenderung “hapalan”. Bahkan kebanyakan siswa menganggap bahwa pelajaran sejarah tidak membawa manfaat karena kajiannya adalah masa lampau. Tidak memiliki sumbangan yang berarti bagi dinamika dan pembangunan bangsa. Oleh karen…
Buku ini membahas mengenai kemampuan membaca pemahaman dan berpikir kritis terhadap hasil belajar yang di fokuskan dalam buku ini yaitu pada mata pelajaran ilmu pengetahuan Sosial (IPS).
Dari waktu ke waktu, pengajaran dan pembelajaran tentang argumentasi dan berpikir kritis terus berkembang. Pada akhir-akhir ini, bidang tersebut terus mengadaptasi kebutuhan-kebutuhan dan ketertarikan dari keragaman tingkatan dalam masyarakat dan dunia yang saling berhubungan. Meskipun kita terus menerus berfokus pada perspektif retoris terhadap suatu argumen, tetapi kita melakukannya pada kon…
Buku ini membahas bagaimana mendidik anak bangsa yang mempunyai sikap dan perilaku kritis pada ranah afektif. Kelemahan sebagian anak bangsa pada pemikiran kritis tingkat tinggi (higher-order thinking) seperti kemampuan menganalisis, menyintesis, dan mengevaluasi dengan menggunakan reasoning dan evidence yang terpercaya adalah akibat dari sistem pendidikan yang melupakan dan mengabaikan kajian …
Buku ini sengaja ditulis dengan menggunakan gaya bahasa yang mudah dipahami oleh masyarakat menengah walaupun juga digunakan sebagai bahan pengayaan dalam perkuliahan Critical hinking di Universitas Mulawarman. Pada edisi ke tiga buku ini telah dilakukan beberapa perbaikan yang berhubungan dengan penggunaan bahasa serta beberapa penjelasan penting sehubungan engan Taqlid. Selain daripada itu p…
This book presents an innovative teaching experiment and an analytical study of critical thinking and the sociocultural theory of learning to illustrate the cognitive learning development mechanisms. It addresses the issues in developing critical thinking, including the controversy surrounding the definition, measurement and teaching of critical thinking, particularly in the L2 context. The b…
Secara umum pendidikan modern sekarang ini telah mengalami reduksi nalar menjadi “rasionality without reason”, dimana proses dan lulusan lembaga pendidikan cenderung menjadi “cheereful robots”; memiliki rasio tanpa akal budi sehingga kehilangan daya kreatif, memgalami keterasingan diri dari realitas diri dan realitas masyarakat. Oleh sebab itu perubahan dalam sistem pendidikan di sekola…
Buku ini patut dibaca oleh para pendidik dan guru yang ingin mendidik, membangun, dan mengembangkan critical thinking para siswanya di sekolah. Buku ini mengandung teori dan konsep critical thinking baik dalam tinjauan para pakar barat maupun agama islam serta praktik bagaimana mengajarkan dan menumbuhkan critical thinking di ruang kelas. Dalam era digital seperti hari ini, kemampuan siswa dala…