Seiring dunia pendidikan yang kian berkembang, sehingga tidak dapat dimungkiri pula berbagai tantangan zaman semakin merajai, sehingga mau tidak mau para pakar dari berbagai kalangan ikut nimbrung di dalamnya dalam menyelesaikan segala bentuk masalah akan dihadapi, lebih-lebih pada jenjang pendidikan sekolah dasar (SD). Kalau menilik ke tingkat satuan sekolah dasar, tentu masalah yang paling ba…
Manajemen Bimbingan dan Konseling (BK) merupakan salah satu kemampuan yang perlu dimiliki dan diterapkan oleh guru BK/konselor di sekolah. Kemampuan dalam menerapkan manajemen BK di sekolah akan sangat membantu konselor dalam menata kegiatan pelayanan, mengantisipasi terjadinya masalah, dan mengelola pemecahan masalah manajemen BK. Mengingat pentingnya manajemen BK di sekolah, penulis menyajika…
Pengertian Bimbingan dan Konseling (BK), adalah layanan bantuan untuk peserta didik, baik secara perorangan maupun kelompok, agar mampu mandiri dan berkembang secara optimal dalam bidang pengembangan kehidupan pribadi, kehidupan sosial, kemampuan belajar dan perencanaan karier, melalui berbagai jenis layanan dan kegiatan pendukung, berdasarkan norma-norma yang berlaku. Kegiatan layanan bimbinan…
Layanan bimbingan dan Konseling berbasis kompetensi di sekolah tidak akan terselenggara dan mencapai tujuan yang baik jika tidak memiliki sistem pengelolaan yang jelas ,sisten dan terarah oleh karena itu , dibutuhkan tenaga pendidik . khususnya guru pembimbing yang profesional dalam mengelola sistem layanan bimbingan dan konseling berbasis potensi yang terintegrasi di sekolah
Keunggulan Buku ini adalah tidak sekedar membahas BK-PAUD secara mendalam, Tetapi juga di lengkapi dengan Instrumen Skrining deteksi dini tumbuh kembang anak seperti kuesioner Pra skrining perkembangan(KPSP) Kuesioner masalah mental Emosional (KMME). Checklist For Austism In Toddier (CHat), Instrumen tes daya dengar (TDD) Tes daya Lihat (TDL) dan instrumen gangguan pemusatan Perhatian dan hiper…
Buku ini tidak hanya memberikan keterampilan praktis berupa langkah‐langkah praktikal dalam menyusun dan mengembangkan program BK. Lebih dari itu, jika petugas BK dan konselor menginginkan capaian dan target yang betul‐betul maksimal dan mampu memunculkan perubahan‐perubahan yang positif dalam diri peserta didik, maka pengelolaan dan pengembangan program ataupun layanan BK harus memanfaat…