Buku ini pembahasannya mulai dari dasar-dasar penawaran dan permintaan, teori konsumen, permintaan individu dan permintaan pasar, perilaku konsumen, teori produksi dan biaya produksi, monopoli, monopsoni dan strategi harga dengan kekuatan pasar, game theory dan strategi bersaing, pasara faktor produksi.
Bila kita mempelajari ajaran-ajaran Islam di bidang ini, kita dapat menyimpulkan beberapa poin yang sangat penting sebagai petunjuk untuk membangun disiplin ini. Pertama, Islam memberikan petunjuk kepada kita tentang adanya seperangkat tujuan dan nilai-nilai dalam kehidupan perekonomian. Kedua, Islam memberikan kepada kita sikap psikogis dan satu sprektrum yang mengandung motif-motif dan insent…
Ilmu ekonomi adalah suatu studi tentang bagaimana orang dan masyarakat membuat pilihan, dengan atau tanpa uang, dengan menggunakan sumber daya yang terbatas, tetapi dapat digunakan dalam berbagai cara untuk menghasilkan barang dan jasa serta mendistribusikannya untuk konsumsi sekarang dan masa datang. Dalam perekonomian keadaan yang paling ideal adalah perekonomian mencapai tingkat kesempatan k…
Buku ini dimaksudkan sebagai bahan bagi pengajaran mata kuliah ekonomi pembangunan atau bagi mata kuliah ekonomi makro tingkat madya.