Buku ini dibuat untuk memahami cara menerapkan pendidikan pembangunan berkelanjutan (ESD) dalam pembelajaran IPA. Pembelajaran IPA berbasis ESD pada dasarnya bukan hanya pembelajaran untuk melatih penguasaan pengetahuan siswa, melainkan lebih kepada melatih kesadaran dan aksi siswa yang sangat mendukung terhadap pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs).
melalui buku ini akan di bahas mengenai hubungan antara model problem based larning dan inkuiri terbimbing dan penerapannya dalam mata pelajaran IPA melalui pendekatan saintitik. Buku ini juga akan menjelaskan mengenai hubungan dua medel tersebut melalui pendekatan saintitik jika dijtinjau dari kemanpuan berpikirkritis dan kerjasama peserta didik.
Tujuan ilmu alamiah menurut beberapa ahli adalah mencari kebenaran tentang objeknya, dan kebenaran itu bersifat relatif. Alam semesta sebagai objek penyelidikan mempunyai aspek yang sangat luas, misalnya aspek fisis, aspek kimiawi, aspek biologis, aspek ekonomis dan sebagainya. Oleh karena itu, tidak mungkin ilmu alamiah dapat mencapai seluruh kebenaran mengenai objeknya. Kebenaran yang dapat d…
Buku ini merupakan kumpulan berbagai tulisan ilmiah hasil riset maupun pengalaman atau ulasan (review) baik yang bersifat dasar (fundamental), teoritis dan praktis/aplikatif termasuk berbagai kreatifitas dan inovasi ilmu pengetahuan dan teknologi, serta pembelajaran MIPA dan komputer di Indonesia untuk dapat dijadikan referensi alternatif dalam menyelesaikan masalah-masalah dan rekomendasi lain…
Proses Perkembangan Pola Pikir Manusia - Proses Terbentuknya Alami Semseta dan Penghuninya - Perkembangan Ilmu Biologi, Fisik, dan Kimia menurut Ilmu Pengetahuan Barat dan Al-Qur'an - Teori Evolusi dan Rekayasa Reproduksi Menurut Ilmu pengetahuan Barat dan Islam - Teknologi Barat, masalah lingkungan hidup, dan penanggulangannya- rahasia kemajuan barat dalam bidang sains dan teknologi- peranan i…
Buku Pendidikan IPA SD disusun untuk menjadi rujukan bagi calon pendidik dan pendidik dalam merancang, melaksanakan serta menilai proses dan hasil pembelajaran IPA SD berbasis standar nasional pendidikan. Di dalam buku ini dijabarkan tentang landasan konseptual serta arahan praktis bagi implementasi KTSP serta kurikulum 2013 dalam mata pelajaran IPA untuk jenjang tingkat SD/MI. Buku ini terdiri…
Buku ini memuat strategi pengajaran dalam proses pembelajaran. Di dalamnya merangkum berbagai carav aplikatif dalam menyampaikan pesan-pesan pengetahuan sehingga menghasilkan produk-produk baru dalam proses pembelajaran.
Pembelajaran IPA di SD hendaknya mampu membuka kesempatan untuk memupuk rasa ingin tahu anak didik secara alamiah. Pembelajaran seperti ini akan membantu mereka mengembangkan kemampuan bertanya dan mencari jawaban berdasarkan bukti serta mengembangkan cara berpikir ilmiah. Fokus program pengajaran IPA di SD hendaknya ditujukan untuk memupuk minat dan mengembangkan dunia di mana anak didik hidu…