Pendidikan di Indonesia pada abad 21 terimplementasikan melalui proses pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, dan menyenangkan guna mengoptimalkan keterampilan para pelajar. Pendidikan abad 21 berupaya mengembangkan keunikan tiap-tiap siswa sehingga mereka terampil dan kritis dalam menghadapi segala hambatan, tantangan, serta perubahan di masa depan. Upaya ini dicapai melalui proses pembel…
Buku ini disusun untuk menambah wawasan dan menjadi referensi bagi orangtua, guru, mahasiswa, kepala sekolah, dan pemangku kebijakan, khususnya pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam mempelajari konsep-konsep belajar, pembelajaran, bermain, dan permainan pada anak usia dini, sekaligus sebagai upaya mempermudah memahami konsep belajar sambil bermain (learning to play) dan bermain seray…
Sistem pembelajaran di Perguruan Tinggi berbeda dengan jenjang pendidikan sebelumnya. Mahasiswa sudah dipandang sebagai pemelajar dewasa yang bertanggung jawab atas kesuksesannya di Perguruan Tinggi. Mahasiswa dituntut secara mandiri untuk mengembangkan pengetahuan di bidang studi mereka melalui proses membaca, menulis, dan beradaptasi dengan cara baru dalam merepresentasikan pengetahuan. Tidak…
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi demikian pesat dan juga memberikan pengaruh pada praktik pembelajaran di semua tingkatan. Peluang-peluang baru dalam pengelolaan pembelajaran banyak diapresiasi oleh para pendidik untuk mendukung hasil belajar yang baik. Pada masa pandemi, intensitas penggunaan dan kesadaran untuk menggunakan teknologi semakin tinggi. Namun demikian, tantangan jug…
Buku ini di buat untuk melengkapi bahan bacaan mahasiswa terkait dengan teori belajar dan pembelajaran. Isi buku terdiri atas tujuh bab dan saling terkait. Bab i yang membahas tentang pengertian belajar dan pembelajaran. Bab II membahas tentang faktor-faktor yang mempengaruhi belajar siswa, bab III membahas tentang masalah-masalah belajar. Bab IV membahas tentang pendekatan pembelajaran. Bab V…
Seiring dengan perkembangan dunia teknologi dewasa ini, dunia pendidikan dituntut untuk menyesuaikan diri dalam hal perubahan sistem pelayanan pendidikan, pembelajaran, dan komponen-komponen lain. Pembelajaran yang pada awalnya di diselenggarakan dalam bentuk tradisional atau konvensional akan beradaptasi dalam bentuk yang inovasi sehingga mencapai tujuan pendidikan yang hakiki. Dalam kondisi p…
Pembelajaran fisika adalah pembelajaran yang didesain sedemikian rupa sehingga peserta didik akan mendapatkan pengalaman belajar dari fenomena alam yang dapat disajikan dalam kelas secara langsung melalui kegiatan praktikum, demonstrasi, simulasi atau secara tidak langsung melalui media pembelajaran. Tidak dipungkiri bahwa pembelajaran fisika memerlukan analisan dan perhitungan matematika dalam…
Kebutuhan energi terus mengalami peningkatan sejalan dengan pertumbuhan jumlah penduduk dan perkembangan industri. Sementara itu. ketersediaan sumber energi. khususnya yang berbasis fosil seperti batu bara, minyak bumi dan gas alam semakin terbatas. Pengembangan energi baru, khususnya energi yang terbarukan seperti bioenergi sangat diperlukan. Buku ini mengawali kajiannya dengan diskusi terkait…