Pelayanan adalah suatu kegiatan atau urutan kegiatan yang terjadi dalam interaksi langsung antara seseorang dengan orang lain atau mesin secara fisik, dan menyediakan kepuasan pelanggan. Pelayanan publik adalah suatu kegiatan atau urutan kegiatan dalam rangka memenuhi kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi setiap warga Negara dan penduduk atas suatu barang, jasa, d…
Good governance dalam konteks otonomi daerah merupakan suatu strategi, karena erat relevansinya dengan berkembangnya operasionalisasi manajemen dan administrasi publik, selaras dengan berbagai perubahan kemasyarakatan, baik pada skala domestik maupun skala internasional. Pertimbangan lainnya adalah relevansinya yang nyata dengan upaya untuk membangun sistem nasional yang berdaya saing tinggi da…
Berbagai strategi dalam peningkatan kualita aparatur negara terus dilakukan oleh pemerintah untuk menstimulasi kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan publik. Strategi tersebut berupa penyelenggaraan pelatihan dan pendidikan, pengaturan posisi dan jabatan berikut pengembangan karirnya, promosi dan mutasi, penilaian kinerja, penggajian, penghargaan, jaminan pensiun, dan jaminan masa tua, serta p…
Birokrasi dan governance merupakan dua konsep yang sangat relevan dan signifikan dalam konteks pemerintahan dan manajemen publik. Keduanya memiliki peran penting dalam menjalankan fungsi pemerintahan yang efektif, transparan, dan akuntabel. Tuntutan era reformasi dan arus globalisasi telah mendorong dunia birokrasi pemerintahan untuk tidak dapat berdiam diri secara statis dalam menghadapi ber…
Buku ini ditulis untuk mengupas isu-isu terkini terkait dengan Birokrasi dan Governance. Oleh karenanya sebagian besar referensi literatur akademik yang digunakan sedapat mungkin menggunakan literatur terkini dari jurnal-jurnal akademik, bab buku serta buku dari penerbit akademik terdepan, yang ditulis oleh akademisi administrasi negara/ publik terkemuka baik nasional maupun internasional. Sela…
Buku ini mengeksplorasi terkait administrasi publik tradisional, masalah pluralisme dan fragmentasi manajemen publik baru yang muncul pada era 1980-an. Pergeseran perubahan lingkungan global dan kebijakan yang rumit dan multi-aspek, pada gilirannya membutuhkan respons yang koheren dan kolaborasi dari lembaga sektor publik. Munculnya bentuk hybrid dari manajemen publik sebagai konsekuensi yang t…
Buku ini hadir sebagai koreksi atas kontradiksi arah reformasi birokrasi dan praktik pelayanan masyarakat. Kritik dan koreksi yang diberikan bersentuhan langsung dengan regulasi dan penerapannya. Dengan analisis yang sangat tajam dan praktis melahirkan solusi-solusi kreatif dan inovatif untuk perbaikan sistem birokrasi dan penerapan regulasi. Dalam beberapa hal terkesan nakal, tetapi apabila di…
Inovasi pelayanan sektor publik adalah salah satu jalan atau terobosan untuk mengatasi kemacetan dan kebuntuan organisasi pemerintahan. Karakteristik dari sistem di sektor publik yang kaku dan cenderung status quo harus mampu dicairkan melalui penularan budaya inovasi. Inovasi yang biasanya hanya akrab di lingkungan dinamis, seperti di sektor bisnis, perlahan mulai disuntikkan ke lingkungan sek…
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 mengamanatkan bahwa tujuan didirikan Negara Republik Indonesia antara lain adalah untuk memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Selain itu ditegaskan pula bahwa tiap-tiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan Amanat tersebut mengandung makina negara berkewajiban memenuh kebu…
Kondisi birokrasi Indonesia di era reformasi saat ini bisa dikatakan belum menunjukan arah perkembangan yang baik, karena masih banyak ditemukan birokrat yang arogan dan menganggap rakyat objek lain yang membutuhkannya. Celakanya, praktik korupsi kolusi dan nepotisme yang masih banyak menjangkiti tubuh birokrasi tak kunjung hilang, serta mentalitas birokrat yang amoral juga masih banyak ditemuk…