Berbagai strategi dalam peningkatan kualita aparatur negara terus dilakukan oleh pemerintah untuk menstimulasi kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan publik. Strategi tersebut berupa penyelenggaraan pelatihan dan pendidikan, pengaturan posisi dan jabatan berikut pengembangan karirnya, promosi dan mutasi, penilaian kinerja, penggajian, penghargaan, jaminan pensiun, dan jaminan masa tua, serta p…
Birokrasi dan governance merupakan dua konsep yang sangat relevan dan signifikan dalam konteks pemerintahan dan manajemen publik. Keduanya memiliki peran penting dalam menjalankan fungsi pemerintahan yang efektif, transparan, dan akuntabel. Tuntutan era reformasi dan arus globalisasi telah mendorong dunia birokrasi pemerintahan untuk tidak dapat berdiam diri secara statis dalam menghadapi ber…
Buku ini ditulis untuk mengupas isu-isu terkini terkait dengan Birokrasi dan Governance. Oleh karenanya sebagian besar referensi literatur akademik yang digunakan sedapat mungkin menggunakan literatur terkini dari jurnal-jurnal akademik, bab buku serta buku dari penerbit akademik terdepan, yang ditulis oleh akademisi administrasi negara/ publik terkemuka baik nasional maupun internasional. Sela…
Buku ini mengeksplorasi terkait administrasi publik tradisional, masalah pluralisme dan fragmentasi manajemen publik baru yang muncul pada era 1980-an. Pergeseran perubahan lingkungan global dan kebijakan yang rumit dan multi-aspek, pada gilirannya membutuhkan respons yang koheren dan kolaborasi dari lembaga sektor publik. Munculnya bentuk hybrid dari manajemen publik sebagai konsekuensi yang t…
Inovasi pelayanan sektor publik adalah salah satu jalan atau terobosan untuk mengatasi kemacetan dan kebuntuan organisasi pemerintahan. Karakteristik dari sistem di sektor publik yang kaku dan cenderung status quo harus mampu dicairkan melalui penularan budaya inovasi. Inovasi yang biasanya hanya akrab di lingkungan dinamis, seperti di sektor bisnis, perlahan mulai disuntikkan ke lingkungan sek…
Buku ini membahas tentang teori dan konsep serta implementasinya pada pemerintahan daerah baik yang terkait dengan penyelenggaraan administrasi maupun pelayanan publik yang berbasis elektronik (e-service) khususnya dalam bentuk E-kecamatan, E-kelurahan dan E- puskesmas serta mall pelayanan publik sebagai ujung tombak pelayanan pemerintah daerah kepada masyarakat.
Buku ini mengemukakan tentang konsep, ciri, fungsi, birokrasi, konteks sejarah birokrasi di Indonesia, konsep negara, pemerintah dan pemerintahan, kondisi birokrasi pemerintahan di Indonesia, patologi birokrasi, reformasi birokrasi, good governance, sampai pada konsep rethinking dan reinventing governance
Buku ini menggambarkan kompleksitas dan dinamika perubahan birokrasi yang terjadi dalam beberapa tahun terakhir, tidak terlepas dengan adanya peran penting administrasi negara sebagai jantung kehidupan berbangsa dan bernegara. Dengan hadirnya buku ini diharafkan memberikan perspktif baru terhadap kompleksitas dan dinamika perubahan birokrasi yang terjadi di indonesia., buku ini juga memperluas …
Pandangan birokrat di Indonesia terkesan buruk. Indikator penilaian ini menyematkan bahwa birokrat tidak bekerja keras, kurang hebat dalam pendidikan, dan tidak produktif. Birokrat terjebak dalam kedisiplinan semu sistem birokrasi. Disiplin dalam jam kehadiran, disiplin mengikuti prosedur dan membuat prosedur baru yang semakin ketat, atau membuat laporan ratusan halaman. Sistem kerja birokrasi …