Buku ini, yang dipandu oleh kesungguhan dan kearifan, mempersembahkan pandangan yang mendalam tentang bagaimana pendidikan agama Islam dapat diimplementasikan secara inklusif dan penuh kearifan dalam realitas yang kaya akan pluralitas. Perspektif multikultural yang diusungnya menjadi pencerminan dari pentingnya menghargai dan merangkul perbedaan budaya serta nilai-nilai yang melintasi batas-bat…
Pendidikan Islam sebagai salah satu disiplin ilmu menjadi alternatif dalam rangka membentuk manusia menjadi lebih baik dalam aspek kognitif, afektif, maupun psikomotoriknya. Dengan begitu, manusia, khususnya pendidik dan peserta didik dapat mengembangkan potensi yang dimiliki menuju perubahan yang lebih baik serta mengangkat harkat dan martabatnya sebagai manusia yang merupakan ciptaan-Nya yang…
Islam memiliki visi misi untuk memberikan rahmat ke semesta alam, itu artinya bahwa agama Islam tidak hanya diprioritaskan kepada umat manusia saja, namun kepada seluruh makhluk yang ada dalam alam semesta meliputi tumbuhan, hewan, udara, planet, angkasa, asteroid dan lainnya. Oleh sebab itu, Islam merupakan agama yang tidak mendikotomi kepada semua makhluk, namun agama Islam memprioritaskan ba…
Pendidikan Islam merupakan suatu paradigma pembelajaran yang tidak bisa dilepaskan dari transformasi nilai-nilai Islam berbasis pendidikan baik melalui proses pedagogis, andragogis, ataupun heutagogis. Pendidikan Islam mengacu pada proses pendidikan yang berfokus pada ajaran-ajaran dan nilai-nilai agama Islam. Tujuan utama dari pendidikan Islam adalah membentuk individu yang beriman kepada Alla…
Multikultur hadir di Indonesia sejak Republik Indonesia terbentuk. Hanya saja, pada masa Orde Baru, pemahaman ini belum diketahui oleh banyak orang. Kesatuan, persatuan, dan stabilitas negara-bangsa adalah pilar dari tiga pembangunan: pertumbuhan ekonomi, stabilitas politik, pemerataan kesejahteraan umum, dan kebebasan beragama. Namun, agama-agama yang berhak hidup adalah yang diakui secara res…
Buku ini di susun dilatarbelakangi oleh lima alasan, yaitu : pertama, keprihatinan terhadap pelaksanaan pendidikan agaman di Perguruan Tinggi Umum (PTU); kedua, adanya kesan kurang positif dari sebahagian masyarakat terhadap pelaksanaan kuliah pendidikan agama islam (PAI) di PTU; ketiga, adanya sinyalemen sebahagian besar mahasiswa PTU bahwa kuliah PAI cukup membosankan, materinya tindih, metod…
Buku ini membahas berberapa terdiri dari 5 bab yaitu : BAB I pendahuluan BAB 2 Pendidikan alat pewaris nilai nabawi BAB 3 Pengertian ilmu dan kedudukan dalam Islam BAB 4 Didaktik dan pendekatan Nabi SAW serta metodiknya dalam mengajar BAB 5 Pengertian Ta'lim dan Ruang Lingkungannya.
Materi yang disajikan dalam buku ini, memang belum seluruhnya sesuai dengan kurikulum nasional, namun sekalipun demikian, materinya merupakan perpaduan dari buku-buku Pendidikan Agama Islam di perguruan tinggi umum lainnya, baik negeri ataupun swasta. Pembahasannya diawali dengan pembahasan tentang “Mengenal Allah sebagai Khalik” Materi ini dikenalkan di awal pembahasan karena sesuai denga…