Lembaga pendidikan pada tingkat anak usia dini, khususnya TPQ menempati posisi yang sangat penting bagi terjaganya budaya Islam di masa yang akan datang. Oleh karena itu, para pengelola dan pengajar-secara tidak langsung-dituntut untuk menerapkan strategi yang tepat dalam membelajarkan siswa pada tahap ini, agar mereka dapat mengetahui, memahami, dan melaksanakan ajaran-ajaran agama Islam secar…
Hakikat pendidikan adalah mengoptimalisasikan seluruh potensi (kecerdasan) manusia. Seluruh potensi manusia berpusat pada otaknya. Ilmu yang mempelajari otak adalah neurosains sehingga pendidikan perlu memasukkan neurosains ke dalam praksis pembelajaran. Ironisnnya, selama berabad-abad pendidik mengubah otak anak (mengembangkan potensi peserta didik) tanpa pengetahuan sedikitpun tentanq neurosa…
Perkembangan dan pertumbuhan merupakan sebuah bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan seorang manusia, dimana akan terus mengalami perubahan karena adanya faktor yang mendukung. Kedua proses pertumbuhan dan perkembangan akan berlangsung secara kontinu dimana secara bergantian kedua proses tersebut akan saling tergantung satu dengan lainnya. Selama proses kehidupan manusia berlangsung…
Pendidikan anak usia dini adalah fase penting dalam perkembangan seorang anak. Keluarga memiliki peran yang sangat signifikan dalam memberikan landasan awal bagi pertumbuhan dan perkembangan anak-anak. Di tengah keramaian kehidupan modern, keluarga adalah tempat pertama di mana anak-anak memulai perjalanan pendidikan mereka. Pendidikan anak usia dini dalam keluarga fokus pada pengembangan aspe…
Masa usia dini atau kanak-kanak merupakan masa yang sangat penting karena menjadi dasar bagi tahap perkembangan selanjutnya. Perkembangan anak pada masa ini sangat dipengaruhi oleh lingkungan anak, dalam hal ini orang tua, guru, dan institusi. Berbagai tantangan, misalnya di masa pandemi, memerlukan upaya dan pendekatan agar pengasuhan tetap berjalan optimal. Untuk itu, pengetahuan orang tua, g…
Penempaan dalam dunia pendidikan sebagai modal bagi anak usia dini. Dibutuhkan kemampuan yang komprehensif. Guru pendidikan anak usia dini memiliki peran yang penting. Mereka sebagai pengajar, fasilitator, pengamat, dan pendukung dalam proses KBM. Orang tua merupakan pendukung utama anak dalam proses pembelajaran. Pendidikan Anak Usia Dini memiliki tantangan yang perlu diatasi. Pemilihan metode…
Kajian mengenai konsep dasar PAUD dari berbagai pemikiran tokoh pendidikan tentang Anak Usia Dini, Manajemen PAUD yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi yang diimplementasikan pada karakteristik dan kebutuhan Anak Usia Dini, yang meliputi delapan standar pengelolaan PAUD, pengelolaan program PAUD, serta menganalisis pembaharuan PAUD melalui isu-isu manajemen PAUD…
Buku ini berisi kajian empiris dan implementatif tentang " Penerapan Metode Steam Berbasis Loose Parts Dalam Optimalisasi Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini tentu isinya lebih kepada konsep , teori dan praktek pembelajaran yang bagaimana stretegi pembelajaran dengan metode steam berbasis parst yang mestinya di lakukang seorang guru. juga bila di tinjau dari perencanaannya.
Kurikulum Taman Kanak-Kanak (TK) merupakan kurikulum lembaga yang memiliki posisi penting dalam jalur pendidikan formal. Untuk itu, kurikulum Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar keduanya harus memiliki kurikulum yang saling berhubungan, dan harus memiliki sifat saling mendukung antara keduanya. Kurikulum TK dan SD harus memiliki relevansi, terintegrasi, dan berpadu dalam membekali peserta didik…