PENDIDIKAN INKLUSIF merupakan pendidikan yang memberikan kesempatan atau akses yang seluas-luasnya kepada semua anak untuk memperoleh pendidikan yang bermutu dan sesuai dengan kebutuhan individu mereka, tanpa diskriminasi. Pendidikan ini menjadi sistem penyelenggaraan pendidikan yang memberikan kesempatan kepada semua peserta didik yang memiliki kelainan dan memiliki potensi kecerdasan atau bak…
Buku ini memberikan penjelasan bagaimana menciptakan sistem pendidikan inklusif yang baik, dimulai dari konsep, penyelenggaran dan kurikulum, proses kegiatan pembelajaran inklusif, prinsip-prinsip dan manajemen, sarana dan prasarana dan kriterianya, pembinaan, evaluasi, dan lain sebagainya.
Buku ini memiliki empat bab yang secara teoritis dan praktis berusaha menggambarkan implementasi pendidikan tinggi inklusif bagi penyandang disabilitas. Pemilihan Universitas Brawijaya (UB) sebagai studi kasus didasarkan pada beberapa kriteria unik yang dimiliki oleh UB, yaitu: pertama, sejak tahun 2012 – 2018 UB adalah satu-satunya perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki kebijakan afirma…
Pengajaran inklusi atau inclusive teaching tidak terlepas dari proses pendidikan itu sendiri, di mana inclusive teaching menggambarkan berbagai pendekatan pengajaran yang mempertimbangkan beragam kebutuhan dan latar belakang semua anak untuk menciptakan lingkungan belajar, sehingga semua siswa merasa dihargai dan memiliki akses yang sama untuk belajar. Namun bukan hal yang mudah bagi guru untuk…
Pendidikan inklusif merupakan penyelenggaraan pendidikan yang memberikan kesempatan kepada semua peserta didik yang berkelainan dan memiliki potensi kecerdasan dan/atau bakat istimewa untuk mengikuti pendidikan atau pembelajaran dalam lingkungan pendidikan secara bersama-sama dengan peserta didik pada umumnya. Pendidikan inklusif bertujuan untuk memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada …
Sekolah inklusi adalah sekolah dengan sistem layanan pendidikannya mempersyaratkan agar anak berkelainan dilayani di sekolah sesuai kemampuannya bersama-sama teman sebayanya. Buku ini mengupas tentang bagimana pengelolaan sekolah inklusi, karena pengelolaan yang baik akan menjadikan sekolah itu berhasil dan berjalan baik tanpa ada pendidikan yang diskriminatif bagi peserta didik berkebutuhan k…