Buku ini hadir dengan tujuan mengembangkan pengetahuan yang mendalam bagi para pembaca mengenai dasar-dasar pengembangan kurikulum sehingga mereka lebih memahami mengenai dunia pendidikan. Penulis berharap, dengan adanya buku ini dapat menjadi sumber inspirasi bagi para pembaca untuk terus memperdalam ilmu kependidikan dan memahami perkembangan kurikulum secara lebih mendalam.Buku ini hadir den…
KURIKULUM MERDEKA merupakan kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam. Konten kurikulum ini lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik. Dalam pendidikan, kurikulum men…
Buku Keguruan dan Ilmu Pendidikan ini yang berjudul Buku Urgensi Kompetensi Pedagogik Bagi Guru Sebagai Pengembang Kurikulum dan Pembelajaran di Kelas karya Dr. Kapraja Sangadji, M.Pd. Buku ini sangat komprehensif, sistematis mengulas tentang esensi urgensi kompetensi pedagogik dan pengembangan kurikulum berbagai dimensi kurikulum termasuk kaitan kurikulum dengan khazanah pendidikan dan peradab…
Perencanaan pembelajaran merupakan hal yang sangat penting dalam kegiatan pembelajaran. Keberhasilan tujuan pembelajaran sangat ditentukan dengan adanya perencanaan pembelajaran yang tepat. Buku ini membahas terkait dengan konsep perencanaan pengajaran, tujuan pembelajaran dengan pembahasan, pendekatan sistem dalam pembelajaran, tiga variabel pembelajaran, model pembelajaran dengan pembahasan, …
Tuntutan akan sumber daya manusia yang unggul merupakan kebutuhan umat manusia di seluruh belahan dunia. Menjelang diberlakukannya liberalisasi di segala bidang dewasa ini, tuntutan tersebut terasa sangat mendesak. Untuk memenuhi semua itu, pendidikan berperan sebagai gerbong utama. Maka sering potensi seseorang di ukur dengan pendidikan pendidikannya. Sebagai salah satu elemen terpenting dalam…
Penyempurnaan kurikulum sesungguhnya merupakan hal yang biasa, bahkan justru merupakan suatu keharusan. Ketika kurikulum diimplementasikan pada tahun pertama, kondisinya akan sesuai dengan kondisi saat ini. yakni sesuai dengan tuntutan zaman, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, dan sebagainya. Akan tetapi, setelah kurikulum diimplementasikan beberapa tahun kemudian, ada bagian-bagian t…