Public Relations (PR) pada dasarnya bertumpu pada komunikasi dan relasi. Melalui PR, organisasi berkomunikasi dan menjalin relasi dengan publik-publiknya. Dalam menjalin komunikasi dan relasi dengan publik-publiknya, organisasi memerlukan massa. Karena itu, media relations menjadi bidang penting dalam dunia PR. Ada dua sisi yang hendak dijangkau melalui media relations. Pertama, menjalin hubun…
Buku ini buat Anda yang ingin menjadi seorang Public Relations Officer (PRO) yang handal. Buku ini memberi semua hal tentang bagaimana menjadi PRO di masa kini dan mendatang. Mulai dari bagaimana mengelola media perusahaan, apa saja dan bagaimana kegiatan penulisan public Relation (PR), strategi dan teknik manajemen PR, bagaimana membentuk opini publik dan mempertahankan citra positif perusa…
PUBLIC RELATIONS IN THE ERA OF ARTIFICIAL INTELLIGENCE: Bagaimana Big Data dan Al Merevolusi Dunia PR? Bagi praktisi dan profesional Public Relations (PR), disrupsi digital bukanlah ancaman, melainkan peluang. Mengapa? Berdasarkan riset yang telah dilakukan oleh Perhumas Indonesia dan Forum Humas BUMN, ternyata keberadaan teknologi big data dan artificial intelligence (Al) justru dapat memperm…
Buku ini buat Anda yang ingin menjadi seorang Public Relations Officer (PRO) yang handal. Buku ini memberi semua hal tentang bagaimana menjadi PRO di masa kini dan mendatang. Mulai dari bagaimana mengelola media perusahaan, apa saja dan bagaimana kegiatan penulisan public Relation (PR), strategi dan teknik manajemen PR, bagaimana membentuk opini publik dan mempertahankan citra positif perusahaa…
Paradigma baru dalam menyusun strategi komunikasi perusahaan yang diperkenalkan dalam buku ini adalah suatu metoda ataupun cara-cara pengelolaan PR Perusahaan dengan menggunakan analogi teori dasar Marketing atau ilmu pemasaran yang selanjutnya disebut PR-ing (baca: pi-ar-ring). Tak hanya menjelaskan analogi Marketing Mix (4P), STP (Segmentation, Targeting, Positioning) ataupun IMC (Integrated …