Setiap organisasi atau lembaga, khususnya lembaga pendidikan tentu perlu mengevaluasi kinerja para anggota sekaligus memperbarui atau mengembangkan kemampuan dan pengetahuan para guru. Maka, kepala sekolah sebagai pimpinan berkewajiban memfasilitasi, mendukung, dan membina para guru agar menjadi pengajar yang berkompeten, bertanggung jawab, dan disiplin. Buku ini memuat materi sebagai berik…
Buku Supervisi Pendidikan dan pembelajaran ini dirancang untuk memberikan pengetahuan bagi pembaca tentang supervisi melalui keterampilan observasi,analisis dan evaluasi serta memberi rekomendasi dalam rangka meningkatkan kinerja tenaga pendidik.
Pokok-pokok materi yang diuraikan dalam buku ini antara lain konsep administrasi pendidikan dalam hubungannya dengan ilmu administrasi, bidang-bidang garapan administrasi pendidikan, kepemimpinan dalam pendidikan, fungsi kepala sekolah sebagai administrator dan supervisor, organisasi pendidikan di Indonesia khususnya dengan Depdiknas, organisasi sekolah, serta hubungan sekolah dengan masyarakat.
Supervisi pendidikan merupakan satu elemen penting dalam pendidikan yang dapat mendorong perbaikan pendidikan, supervisi pendidikan bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran dari dalam. Sehingga, timbul keinginan untuk melekukan perbaikan supaya pendidikan mengalami peningkatan kualitas, terhindar dari keterbelakangan, kemerosotan, dan kemunduran. Supervisi pendidikan juga bertujuan untuk membangun…
Evaluasi dan supervisi bimbingan konseling merupakan kegiatan penting. Sebab, berdasarkan hasil evaluasi, kita dapat mengambil kesimpulan suatu kegiatan yang telah dilakukan dapat mencapai sasaran yang diharapkan atau tidak, kegiatan perlu diteruskan atau tidak, dan sebagainya. Sementara itu, supervisi dapat membantu pengambilan keputusan yang kemudian menjadi bahan atau bagian dari alat evalua…
Supervisi berbasis sekolah bertujuan untuk memenuhi kebutuhan peningkatan/pengembangan pengetahuan praktik profesi dalam pelaksanaan pembelajaran. Cara pandang pengembangan profesi guru seperti itu bertitik tolak dari asumsi sekolah sebagai sistem sosial, di mana terdapat berbagai unsur dan agen yang saling bersepakat untuk mencapai tujuan bersama dalam mengoptimalkan pengalaman belajar siswa …
Meningkatkan mutu pendidikan merupakan kerja kompleks dan sistemik.Setiap fungsi perlu dilihat dalam suatu sistem organisasi kelembagaan agar tidak kehilangan pemahaman proses dan dinamika interaksi sumber daya pendidikan yang berkontribusi bagi penyelenggaraan pendidikan yang efektif,efisien dan bermutu
Buku ini membahas tentang supervisi profesional layanan dalam meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah yang menjadi soko penunjang mutu pendidikan, baik pada tingkat lokal, regional maupun nasional berlatar otonomi daerah