Buku ini merupakan panduan bagi Anda yang hendak memulai wirausaha. Buku ini juga dapat menjadi panduan evaluasi bagi Anda yang sudah menjadi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Dalam buku ini, Anda dapat mengetahui kapan waktu yang tepat memulai usaha, modal apa saja yang dibutuhkan, jenis dan komoditas usaha yang tepat untuk dipilih, serta mengurus legalitas usaha. Anda juga akan …
Buku Pengembangan UMKM: Antara Konseptual dan Pengalaman Praktis merupakan salah satu wujud kontribusi UGM dalam mewujudkan visi kerakyatan yang tertuang dalam pengembangan sektor UMKM. Sektor UMKM merupakan pilar perekonomian nasional yang memiliki peran strategis dalam menopang perekonomian rakyat, antara lain dalam hal pemerataan pendapatan, penyerapan tenaga kerja, serta wadah sosial ekonom…
Buku ini membahas pengembangan UMKM, dengan topik utama : 1. kebijakan UMKM, 2. strategi pengembang, 3. digital marketing, 4. model bisnis UMKM. Buku ini dirancang bukan saja untuk kebutuhan mahasiswa, tetapi juga bagi para pelaku usaha dan berbagai pihak yang dapat dijadikan rujukan dalam pengembangan UMKM