Buku "Manajemen Pemasaran" merupakan panduan praktis yang membahas berbagai aspek penting dalam pengelolaan pemasaran perusahaan. Dalam buku ini, pembaca akan diajarkan langkah-langkah penting seperti pemahaman pasar, analisis pesaing, dan analisis pelanggan untuk mengembangkan strategi pemasaran yang efektif. Selain itu, buku ini juga membahas tentang penetapan tujuan pemasaran, strategi pemas…
Salah satu tujuan pemanfaatan sumber energi terbarukan adalah untuk meningkatkan kemandirian energi suatu negara, dalam hal ini Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Dengan menghasilkan energi dari sumber daya lokal yang tersedia, negara ini dapat mengurangi ketergantungan pada impor energi dan meningkatkan ketahanan energinya. Untuk memanfaatkan sumber energi terbarukan tersebut diperluka…
Menarik untuk dicermati bagaimana pemerintah menghemat anggaran subsidi dengan konversi minyak ke gas, bukan minyak ke sumber energi terbarukan. Hal itu tidak dapat dilepaskan dari pola pikir (mindset) bahwa energi terbarukan merupakan energi alternatif dari energi fosil. Dalam artian yang lebih luas, energi terbarukan hanya berfungsi sebagai penyangga pasokan energi nasional. Jadi, pemerintah …