Komunikasi hukum merupakan aspek vital dalam praktik hukum modern. Komunikasi hukum tidak sekadar alat untuk menyampaikan pesan atau argumen, tetapi juga fondasi/landasan utama yang memastikan keadilan tercapai, hak-hak terlindungi, serta keputusan hukum dibuat dengan prinsip adil dan bijaksana. Dalam buku ini, kita dapat menjelajahi berbagai aspek komunikasi hukum mulai dari definisi dan tujua…
Di tengah arus besar perubahan yang memengaruhi tatanan (disrupsi) media massa secara umum, televisi , sebagai media paling populer hingga kini, tergolong masih cukup mampu bertahan. Para ahli dan praktisi media—terutama mereka yang beraliran skeptis, menyebut bisnis televisi sudah memasuki fase awal senja kala media, sebagaimana yang dialami oleh media warisan lainnya, media cetak dan radio.…
Corporate communication adalah fungsi manajemen yang mengelola aktivitas komunikasi organisasi. Teori dan praktik corporate communication meliputi bidang yang beragam mencakup ilmu komunikasi dan ilmu manajemen. Buku ini membahas dengan lengkap teori dan praktik corporate communication, serta kekhasan terapannya dalam budaya Indonesia, mulai dari perencanaan komunikasi strategis; stakeholder en…
Buku Hukum dan etika hutas menjelaskan apa saja hukum dan etika yang harus di pahami dan di penuhi oleh humas serta wartawan; berita boho (Hoax) atau ujaran kebencian yang bisa menghancurkan citra perusahaan /lembaga ; ketentuan hak jawab , hak koreksi, ketentuan; Hak tolak , serta mengubah badnews menjadi good news. Selain itudi jelaskan bagaimana cara menyelesaikan konflik dengan wartawan a…
Buku ini merupakan hasil pencarian, artikulasi, dan refleksi pemaknaan dari banyak fenomena serta aktivitas berbahasa. Era pascakebenaran ditandai dengan menjamurnya praktik berbahasa yang bermuatan kebohongan dan manipulasi. Kita dihadapkan pada konflik sosial akibat aktivitas berbahasa yang tidak ramah lingkungan, bahkan konflik diawali dari kegagalan manusia dalam berbahasa. Untuk itu, menci…
Buku ini mencoba menguraikan sejumlah teori yang berkembang dalam kajian new media dengan perspektif komunikasi, sosial-budaya, dan politik-ekonomi. Bagian pertama menguraikan tentang apa sesungguhnya new media dan perlunya pemahaman baru yang bersifat paradigmatik, terutama dalam kajian komunikasi. Selain itu, dibahas juga tentang bagaimana internet dan media sosial sebagai media baru telah me…
Media tanpa berita kriminal ibarat akuarium tanpa ikan. Maksudnya, di balik rasa takut dan seramnya berita kriminal, memiliki daya tarik tersendiri sehingga mampu menghilangkan kegersangan media. Berita kriminal banyak disukai pembaca. Mereka menyukainya bukan berarti menyukai kejahatan. Dalam pandangan mereka, berita kriminal memiliki daya tarik karena menyangkut persoalan hidup dan kehidupan …
Opini publik adalah proses yang menggabungkan pikiran, perasaan, dan usul yang diungkapkan oleh warga negara secara pribadi terhadap pilihan kebijakan yang dibuat oleh pejabat pemerintah. Opini publik akan memunculkan citra personal seseorang tentang politik melalui suatu interpretasi yang akan menghasilkan opini pribadi. Setiap opini merefleksikan organisasi yang kompleks yang terdiri atas tig…