Buku ini mengulas mengenai urgensi Needs assessment untuk menggali kebutuhan masyarakat , proses penemuan kebutuhan masyarakat, model-model Needs assessment , teknik Needs assessment dalam program pendidikan masyarakt, serta implementasinya di lapangan.
Buku ini merupakan hasil penelitian yang dilakukan penulis di Indonesia dan Jepang perihal eksistensi dan implementasi Community Learning Center ( CLC). Melalui buku ini penulis menggambarkan kondisi empirik sosiopsikologis, kebijakan program Comunity Learning Center (CLC), kelembagaan CLC, ketenagaan dan pola pembinaan CLC yang dihasilkan dari kedua negara tersebut
Komitmen Perguruan Tinggi dalam meningkatkan layanan pendidikan dimasyarakat dilakukan melalui pengabdian masyarakat serta penelitian yang setiap tahunnya. Departemen pendidikan luar sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia, memiliki beberapa kajian pemberdayaan masyarakat yang lahir dari para akademisi, mahasiswa dan stakeholder dalam membuka pemikiran-pemikiran baru u…