Pada waktu berpikir kritis, kita menggunakan penalaran induktif dan deduktif. Penalaran induktif merupakan penalaran yang berlangsung dari hal yang khusus ke hal yang umum, sedangkan penalaran deduktif merupakan penalaran yang berlangsung dari hal yang umum ke hal yang khusus. Buku ini merupakan salah satu buku penunjang yang dapat digunakan untuk membantu mahasiswa dalam belajar matematika di…
Sekolah dasar adalah sebuah organisasi sosial yang mempunyai tujuan yang telah ditetapkan. Tujuan utama sekolah dasar adalah memberikan pendidikan yang berkualitas kepada peserta didik. Dalam sebuah organisasi, tentunya manajemen merupakan kekuatan utama saat mengoordinasikan aktivitas-aktivitas dari berbagai sistem untuk mencapai tujuan organisasi. Manajemen sekolah dasar merupakan kegiatan me…
Dalam buku ini memberikan penjelasan mengenai Sistem Informasi Manajemen, khususnya mengenai fungsi dari Sistem Informasi Manajemen Pembelajaran. Fungsi dari Sistem Informasi Manajemen Pembelajaran ini diasumsikan akan mendukung pemenuhan kebutuhan informasi pembelajaran. Informasi pembelajaran yang dikelola melalui SIM ini diharapkan mampu memenuhi karakteristik kuantitas informasi, kualitas i…
Buku ini mengkaji mengenai varian dan kawasan dari Teknologi Pendidikan yang lebih praktis bagi para praktisi dunia pembelajaran di lingkungan pendidikan baik persekolahan maupun nonpersekolahan yaitu istilah “Teknologi Pembelajaran”. Adapun bidang garapan dari Teknologi Pendidikan ini mencakup kawasan Perencanaan, Pengembangan, Pemanfaatan, Pengelolaan, Penelitian, dan Penilaian, yang s…
Buku Implementasi Belajar dan Pembelajaran ini lebih memfokuskan pembahasannya pada perkembangan pembelajaran dan implementasinya, termasuk bagaimana implementasi pada abad ke-21. Bagaimanakah peran guru dalam pembelajaran abad ke-21, sebagai pemandu perubahan, inkubator pembelajaran, dan konsultan pembelajaran? Sudah siapkah para guru di Indonesia untuk menjalankan peran seperti itu? Sesuai de…