Pengajaran pragmatik merupakan suatu pengajaran yang baru dalam kurikulum pendidikan bahasa Indonesia, dimana pengajaran pragmatik ini melatih para siswa atau pembelajar terampil menggunakan bahasa, baik secara lisan maupun tulisan sesuai dengan situasinya. Pragmatik merupakan telaah mengenai makna dalam hubungannya dengan aneka situasi ujaran, sehingga pragmatik ini erat kaitannya dengan tinda…
Buku prinsip-prinsip dasar sastra menjelaskan tentang pengertian sastra secara umum. Buku ini disusun bertujuan agar pembaca khususnya siswa, mahasiswa, guru, dan dosen serta peminat sastra dapat memahami teori-teori tentang kesusastraan.
Tujuan akhir pengajaran bahasa ialah agar siswa terampil berbahasa. Terampil berbahasa berarti terampil menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Agar tujuan tersebut tercapai, siswa perlu mendapat pengetahuan kosakata yang cukup memadai, ejaan yang baik serta penguasaan kalimat, klausa, frase dengan tepat. Bedasarkan hal tersebut, pendidik dituntut untuk “menularkan” ilmu mengenai kosakat…