Buku ini layak dibaca oleh mahasiswa, peneliti, akademisi, dan ilmuwan yang sedang menekuti ilmu hukum , sosiologi, komunikasi, antropologi, sejarah, bahkan mungkin agama yang meyakini bahwa derajat ilmiah hasil kerja penelitian dengan pendekatan kualitatif tidak sepantasnya diragukan karena dapat lebih menyentuh subtansi fokus penelitian daripada penelitian kuantitatif.
Psikologi pendidikan merupakan cabang ilmu psikologi yang berhubungan dengan penerapan pengetahuan tentang perilaku manusia dalam upaya pengajaran dan pembelajaran di lingkungan pendidikan. Dari teori-teori yang termuat dalam buku ini, kita bisa belajar bagaimana menciptakan lingkungan yang kondusif untuk pembelajaran, bagaimana menghadapi perilaku siswa yang bermasalah, bagaimana memahami gaya…
Buku Pedagogi, Andragogi, dan Heutagogi berisi pengetahuan tentang teori-teori Pedagogi, Andragogi dan Heutagogi dalam dunia pendidikan. Buku ini juga menjawab berbagai masalah dan fenomena pendidikan yang sedang marak-maraknya terjadi. . Buku ini memiliki teori-teori yang sangat aplikatif dalam kehidupan sehari-hari khususnya dunia pendidikan - Buku ini termasuk tipis untuk kategori Buku Ilmu…
Proses pembelajaran pada semua jenis, dan jenjang pendidikan tanpa dipandu dengan pemahaman guru tentang perkembangan peserta didik hanya akan menjelma sebagai tindakan rambang dan cenderung antipedagogis. Dengan praktik-praktik anomali semacam itu, transformasi bahan ajar oleh guru akan menjelma laksana memilih beragam sajian menu prasmanan hanya semata-mata atas dasar reka-reka selera makan o…
Kebutuhan akan guru professional yang makin mendesak sejalan dengan tuntutan terhadap kapasitas mereka untuk dapat menjadi manajer kelas yang baik, karena disamping melakukan tugas pendidikan dan pembelajaran, guru melaksanakan tugas manajemen atau administrasi kelas. Buku ini membahas secara detail yang mencakup Tenaga Kependidikan; Definisi dan makna; Pendidikan tenaga kependidikan; Profesion…
Pendidikan dan pembelajaran merup[akan dua sisi yang berbeda sekaligus bersentuhan erat. Pembelajaran merupakan bisnis inti pendidikan pada tempat dan situasi apapun. Praktik pendidikan dan pembelajaran yang tidak dipandu oleh teori atau ilmu pendidikan merupakan awal dari bencana proses kemanusiaan, pemanusiaan, dan pembudayaan manusia. Pemikiran yang radikal mengatakan bahwa praktik pendidika…