Text
Teori-teori new media : Perspektif komunikasi, sosial-budaya, dan politik ekonomi
Buku ini mencoba menguraikan sejumlah teori yang berkembang dalam kajian new media dengan perspektif komunikasi, sosial-budaya, dan politik-ekonomi. Bagian pertama menguraikan tentang apa sesungguhnya new media dan perlunya pemahaman baru yang bersifat paradigmatik, terutama dalam kajian komunikasi. Selain itu, dibahas juga tentang bagaimana internet dan media sosial sebagai media baru telah mengubah praktik komunikasi serta kehidupan sosial-budaya secara menyeluruh. Bagian kedua menguraikan teori-teori new media dalam perspektif komunikasi, antara lain Teori Medium, Social Information Processing (SIP) Theory, Teori Re-mediasi, Teori Konvergensi, dan Teori Ekologi Media. Bagian ketiga menguraikan teori-teori new media dalam perspektif sosial-budaya, antara lain Teori Determinisme Teknologi, Actor-Network Theory (ANT), Teori Domestikasi Teknologi, Teori Participatory Culture, Teori Digital Culture, Teori Virtual Community, Teori Virtual Self, dan Teori Deep Mediatization. Bagian keempat menguraikan teori-teori new media dalam perspektif politik-ekonomi, diantaranya Teori Network Society, Teori Virtual Sphere, Teori Echo Chambers, Teori Ekonomi Politik Media, dan Teori Digital Capitalism.
Judul Seri | - |
---|---|
No. Panggil | 302.23101 MOC t |
Penerbit | Bandung : Simbiosa rekatama media., 2024 |
Deskripsi Fisik | x, 238 hlm. : ilus. ; 24 cm |
Bahasa |
Indonesia |
ISBN/ISSN | 978-623-6625-96-5 |
Klasifikasi | 302.23101 |
Tipe Isi | - |
Tipe Media | - |
Tipe Pembawa | - |
Edisi | Cet. 1 |
Subjek | |
Info Detail Spesifik | - |
Pernyataan Tanggungjawab | Moch. Fakhruroji |
Tidak tersedia versi lain