Pendidikan karakter adalah sesuatu tindakan manusia yang dilakukan secara terencana dalam proses mendidik dan memberdayakan potensi pada diri peserta didik guna membangun karakter yang ada pada dirinya sehingga dapat menjadi pribadi yang mampu bermanfaat bagi diri sendiri dan lingkungannya. Hal ini senada dengan apa yang ada dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nas…
Pendidikan karakter merupakan bagian integral dari proses pendidikan. Artinya, tidak ada dikotomi antara pendidikan akademik dan pendidikan karakter. Dalam memberikan layanan pendidikan akademik, pendidikan karakter sudah termasuk di dalamnya. Pendidikan karakter akan lebih mudah dipahami dengan pembiasaan dan keteladanan dibandingkan dengan teori atau penjelasan-penjelasan yang sifatnya teoret…
Buku ini mengkaji bagaimana desain, proses, dan evaluasi pendidikan karakter dalam latar sekolah. Buku ini merupakan salah satu program kami (P3) yang secara keseluruhan terlihat pada desain pedagogik bangsa. Pedagogik bangsa adalah suatu grand design aplikasi pedagogik dalam konteks pembangunan bangsa Indonesia saat ini pada berbagai wilayah pendidikan. Sasaran pembangunan melalui pendidikan …
Di tengah-tengah berkembangnya teknologi informasi yang masif pada abad ini yang ditandai dengan penggunaan artificial intelligence, big data, dan internet of things, hanya satu kompetensi umat manusia yang tidak bisa digantikan oleh mesin, yaitu kreativitas. Buku berjudul Pedagogi Kreatif ini menawarkan alternatif pembelajaran dengan menempatkan unsur kognitif manusia, yaitu kreativitas. Melal…
Dalam dua-tiga dekade terakhir, kebijakan, perencanaan dan pengelolaan pendidikan nasional sungguh-sungguh mengalami disorientasi, diselimuti beragam paradoks, terbelah, dan mengalami pelapukan dari dalam. Berdasarkan tabel liga global yang diterbitkan oleh firma pendidikan Pearson, sistem pendidikan Indonesia berada di posisi terbawah bersama Meksiko dan Brazil. Kenyataan ini semestinya tidak …
Perubahan pembelajaran di SMK dari pola lama yang biasa dilakukan (conventional) ke pola pendidikan sistem ganda (dual responsibility). pada dasarnya merupakan suatu upayameningkatkan efektivitas pembelajaran agar tujuan dapat dicapai secara terstandar. Antara lain dilakukan dengan mengubah perilaku/kebiasaan mengajar guru sebagai penguasa kelas agar adaptif dengan tuntutan perubahan pembelajar…
Pengajaran inklusi atau inclusive teaching tidak terlepas dari proses pendidikan itu sendiri, di mana inclusive teaching menggambarkan berbagai pendekatan pengajaran yang mempertimbangkan beragam kebutuhan dan latar belakang semua anak untuk menciptakan lingkungan belajar, sehingga semua siswa merasa dihargai dan memiliki akses yang sama untuk belajar. Namun bukan hal yang mudah bagi guru untuk…