Layanan bimbingan dan konseling berbasis kompetensi di sekolah tidak akan terselenggara dan mencapai tujuan yang baik jika tidak memiliki sistem pengelolaan yang jelas, sistematik, dan terarah. Oleh karena itu, dibutuhkan tenaga pendidik, khususnya guru pembimbing yang profesional dalam mengelola sistem layanan bimbingan dan konseling berbasis kompetensi yang terintegrasi di sekolah. Buku ini m…
Buku ini berisi enam bab yang meliputi: pendahuluan; landasan teori bimbingan dan konseling perkembangan; konsep dasar bimbingan dan konseling perkembangan; elemen bimbingan dan konseling perkembangan; peran guru BK atau konselor dan personil sekolah lainnya; dan penyusunan program bimbingan dan konseling. Kehadiran buku ini mudah-mudahan dapat memberikan kontribusi yang bermakna bagi guru bimb…
Buku Ikhtisar Bimbingan dan Konseling di Sekolah ini merupakan buku yang memuat beberapa aspek kegiatan dan layanan Bimbingan dan Konseling di sekolah. Di era reformasi dan globalisasi sekarang ini, pengaruh budaya asing, baik yang positif maupun yang negatif, semakin dahsyat memasuki bangsa kita, tak terkecuali para anak didik. Dalam situasi seperti ini, terasa sekali kurangnya referensi…
Evaluasi dan supervisi bimbingan konseling merupakan kegiatan penting. Sebab, berdasarkan hasil evaluasi, kita dapat mengambil kesimpulan suatu kegiatan yang telah dilakukan dapat mencapai sasaran yang diharapkan atau tidak, kegiatan perlu diteruskan atau tidak, dan sebagainya. Sementara itu, supervisi dapat membantu pengambilan keputusan yang kemudian menjadi bahan atau bagian dari alat evalua…
Buku Ini menguraikan secara terperinci bagaimana guru dapat memberikan bimbingan dan konseling pada siswa mulai dari bimbingan untuk pengembangan motivasi belakar pengembangan kemandirian siswa.Peningkatan disiplin pengembangan hubungan sosial dan pro sosialpencegahan perilaku agrisip
Keunggulan Buku ini adalah tidak sekedar membahas BK-PAUD secara mendalam, Tetapi juga di lengkapi dengan Instrumen Skrining deteksi dini tumbuh kembang anak seperti kuesioner Pra skrining perkembangan(KPSP) Kuesioner masalah mental Emosional (KMME). Checklist For Austism In Toddier (CHat), Instrumen tes daya dengar (TDD) Tes daya Lihat (TDL) dan instrumen gangguan pemusatan Perhatian dan hiper…
Buku ini adalah pedoman merubah sifat dan kebiasaan siswa agar jadi siswa berprestasi berbasis evaluasi dan supervisi. Buku ini juga dilengkapi beberapa trik dan tips yang dapat diterapkan secara praktis oleh guru bimbingan konseling untuk membantu para siswa mencapai prestasi yang gemilang.
Buku ini tidak hanya memberikan keterampilan praktis berupa langkah‐langkah praktikal dalam menyusun dan mengembangkan program BK. Lebih dari itu, jika petugas BK dan konselor menginginkan capaian dan target yang betul‐betul maksimal dan mampu memunculkan perubahan‐perubahan yang positif dalam diri peserta didik, maka pengelolaan dan pengembangan program ataupun layanan BK harus memanfaat…