Manusia adalah makhluk homo sapiens, yaitu makhluk yang senantiasa berfikir, berfikir untuk bertahan hidup, berfikir untuk melakukan sesuatu, bahkan berfikir untuk tidak melakukan sesuatu. Manusia memiliki kemampuan untuk berfilsafat, yang berarti manusia memiliki kemampuan untuk berpikir secara abstrak, merenungkan makna hidup, dan mempertanyakan berbagai aspek eksistensinya. Filsafat adalah d…
Landasan filosofis merupakan landasan yang berkaitan dengan makna atau hakikat pendidikan, yang berusaha menelaah masalah-masalah pokok seperti: Apakah berpendidikan itu? Mengapa pendidikan itu diperlukan? Apa yang seharusnya menjadi tujuannya, dan sebagainya. Landasan filosofis adalah landasan yang berdasarkan atau bersifat filsafat (falsafah). Kata filsafat philosophy bersumber dari bahasa Y…
Lazimnya dalam memahami filsafat pendidikan menggunakan dua pendekatan, yakni pendekatan tradisional dan yang bersifat kritis. Pendekatan tradisional digunakan untuk memecahkan problema hidup dan kehidupan menusia sepanjang perkembangannya. Dan, pendekatan yang bersifat kritis digunakan untuk memecahkan problematika pendidikan masa kini. Buku ini membahas perihal Filsafat Pendidikan yang lahir…
Buku ini membahas perihal Filsafat Pendidikan yang lahir dari ilmu pendidikan sebagai ilmu pengetahuan praktis, mengandung maksud bahwa pendidikan sebagai aspek kebudayaari mempunyai tugas, antara lain menyalurkan nilai-nilai hidup, melestarikan, dan mengembangkan nilai-nilai norma tingkah laku kepada subjek didik yang bersumber dari filsafat dan/atau kearifan orangtua dan keluarga. Pelaksanan …