Perilaku individual dan perilaku kelompok dalam konteks studi perilaku organisasi adalah dua elemen penting yang harus dipahami dengan baik oleh para peneliti dan praktisi di bidang perilaku organisasi. Sebagai sebuah kajian akademis tentang bagaimana manusia berinteraksi dalam organisasi, tentu studi tentang perilaku individu dan kelompok menempati posisi sangat penting. Prinsip-prinsip kajian…
Akuntabilitas publik merupakan sebuah kewajiban yang harus dilakukan organisasi sektor publik dalam menjalankan fungsi pemerintahan sebagai suatu pertanggungjawaban baik itu kepada atasan di pemerintahan dan kepada masyarakat luas sebagai pertanggungjawaban morel. Akuntabilitas publik yang harus dipenuhi oleh organisasi sektor publik menurut Elwood terdiri atas beberapa dimensi yaitu akuntabili…
Lahirnya UU No. 25/2009 tentang Pelayanan Publik merupakan langkah dan harapan besar akan terwujudnya pelayanan publik yang berkualitas. Pelayanan yang berkualitas tentu saja pelayanan yang dapat memberikan kepuasan semua pihak, mulai dari penyelenggara pelayanan itu sendiri hingga kepada masyarakat yang dilayani. Substansi undang-undang tersebut telah mengarah kepada bentuk perwujudan kualitas…
Manajemen publik adalah suatu studi interdisipliner dari aspek-aspek umum organisasi. Ia merupakan gabungan fungsi-fungsi manajemen seperti: perencanaan, pengorganisasian, dan pengawasan dengan sumber daya manusia, keuangan, fisik, informasi dan politik.
Buku ini sangat berguna bagi mereka yang sedang mengelola sebuah organisasi atau perusahaan, karena teori-teori manajemen yang ditawarkan pada buku ini berisikan cara-cara untuk mengelola organisasiatau perusahaan agar mencapai kesuksesan, serta dilengkapi teknik komunikasi agar pesan yang disampaikan oleh seseorang manajer mudah dipahami dan dilaksanakan oleh anggota-anggotanya. Tentu saja, bu…