Buku ini berupaya untuk memperkaya khazanah pengetahuan dan pemahaman para mahasiswa, jurnalis atau wartawan, rujukan bagi para dosen dan kalangan akademisi serta intelektual lainnya. Pembahasan dalam buku ini meliputi definisi dan ciri hukum, tujuan dan fungsi hukum, kaidah sosial dan kaidah hukum, mengenal hukum pidana, fungsi karakteristik media massa pers, membedah hukum media massa pers, d…
Realitas yang tersaji di media massa sebenarnya bukanlah realitas itu sendiri. Deretan teks di setiap halaman koran tak luput dari konstruksi dari perusahaan media. Mulai dari reporter, redaktur, pemimpin redaksi, layouter hingga pemilik perusahaan. Masing-masing elemen memberi makna atas realitas yang mereka tangkap. Tentunya sesuai dengan latar belakang dan kepentingan masing-masing. Seorang …
Konstruksi berita media massa —baik media cetak, media elektronik, dan media online— masih menjadi salah satu kekuatan perubahan sosial masyarakat dalam suatu bangsa. Keampuhan narasi teks yang diberitakan melahirkan opini umum yang dapat membentuk kesadaran khalayak atas suatu realitas. Pesan simbolik media mampu melahirkan tindakan komunikasi massa. Media dan massa selalu membentuk relasi…
Kajian Komunikasi Massa atau Media Studies kian hari kian menarik. Terlebih jika disandingkan dengan fakta hukum di lapangan. Sejak awal UU ITE lama (2008) sampai UU ITE baru (2016) telah ada 245 laporan kasus UU ITE per 26 Juni 2018. Kasus UU ITE meningkat tajam pada 2016, yakni UU ITE mengalami revisi. Mengalami penurunan pada 2017, kemudian kembali turun pada 2018. Namun, dari 2016, 2017, da…
Pokok-pokok bahasan dalam buku ini terdiri beberapa BAB yakni : Bab 1 Konsep Dasar Manajemen Media Massa Bab 2 Manajemen Lembaga Media Bab 3 Manajemen Media Massa Bab 4 Prinsip Pengelolaan Media Massa Bab 5 Hukum dan Etika Media Massa Bab 6 Perusahaan Media Massa
Buku ini ditulis untuk digunakan sebagai salah satu referensi bagi mahasiswa ilmu komunikasi, dan sebagai bahan untuk tingkat perguruan tinggi. Buku ini juga diharapkan berguna bagi praktisi komunikasi guna mengkaji permasalahan yang ada di masyarakat. Materi yang ada dalam buku ini pun juga sudah disesuaikan dengan kompetensi pembelajaran terkini.
Mengapa ada sebuah isu yang menjadi pehatian media dan publik, dan ada isu lain yang tidak? Mengapa media memberitakan isu dengan cara yang berbeda? bagaimana isu digunakan oleh publik dalam menilai kebijakan publik? Pertanyaan ini akan muncul jika membahas tentang opini publik, lebih khusus posisi media dalam proses pembentukan opini publik. Tiga toeri terkait opini publik yakni agenda setting…