Meskipun bisnis di bidang jasa bersifat tidak terlihat (intangible), tetapi tetap diperlukan analisis untuk mengamati perilaku pasar. Pasar yang selalu berubah menuntut penyesuaian dari dalam dan luar perusahaan untuk memperbaiki kualitas pelayanan secara berkelanjutan terhadap pasar. Berbagai strategi pun digunakan untuk saling bersaing memperebutkan pasar. Buku ini berisi teori-teori manajem…
Manajemen pemasaran jasa merupakan salah satu mata kuliah wajib yang diajarkan di perguruan tinggi. Manajemen pemasaran jasa ini ditulis dengan mengacu pada aturan pengajaran di perguruan tinggi termasuk memasukkan unsur aplikatif dengan tujuan agar para pembaca tidak hanya memahami teori namun juga mampu mengaplikasikannya. Penulisan ini pada prinsipnya bertujuan untuk menjawab berbagai perma…
Istilah pemasaran dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama marketing. Kata marketing ini boleh dikata sudah diserap ke dalam bahasa kita, namun juga diterjemahkan dengan istilah pemasaran. Asal kata pemasaran adalah pasar = market. Apa yang dipasarkan itu, ialah barang dan jasa. Memasarkan barang tidak berarti hanya menawarkan barang atau menjual tetapi lebih luas dari itu. Di dalamnya tercakup…
Buku ini dibagi menjadi dua bagian yaitu pemasaran jasa dan bagaimanakah pelaksanaan pelayanan dilakukan agar dapat memuaskan konsumen.
Pemasaran Jasa memiliki prospek yang sangat cerah clan tidak kalah pentingnya dengan pemasaran barang. Terutama di negara kita untuk masa depan akan mengintensifkan sekian lipat pemasaran jasa guna meningkatkan devisa negara sebagai bagian dari ekspor komoditi non migas. Semua hal yang berkaitan dengan kegiatan pemasaran baik pemasaran barang maupun pemasaran berbagai jenis jasa dipaparkan dala…