Pembelajaran bahasa merupakan proses yang sangat penting dalam. pendidikan, tidak hanya untuk memahami dan mengkomunikasikan gagasan,.
BAHASA merupakan sistem lambang bunyi ujaran yang digunakan untuk berkomunikasi oleh masyarakat pemakainya. Bahasa yang baik berkembang berdasarkan suatu sistem, yaitu seperangkat aturan yang dipenuhi oleh pemakainya. Bahasa dikatakan penting apabila memiliki jumlah populasi pemakai yang banyak, wilayah persebarannya luas, berperan penting dalam pengembangan sastra budaya, serta mengembangkan i…
Buku ini ditulis dengan tujuan untuk memberikan pembaca alternatif bacaan dalam bidang multiliterasi, khususnya dalam pedagogi multiliterasi. Beberapa konsep bukanlah sesuatu yang baru, namun bagaimana konsep tersebut diterapkan dalam pengajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing dalam konteks Indonesia. Hal ini memberikan pelajaran berharga bagi mereka yang terlibat aktif dalam konteks pengaj…
Buku ini berisi penyelenggaraan evaluasi keterampilan berbahasa yaitu menyimak, membaca, berbicara dan menulis. Di samping keterampilan berbahasa, evaluasi pembelajaran berbahasa juga diarahkan ke penguasaan unsur-unsur bahasa, yaitu: kosakata, tata bahasa, lafal, dan ejaan. Materi dikemas dalam hakikat bahasa dan pembelajaran bahasa, konsep penilaian dalam pembelajaran bahasa, tujuan, fungsi …
“This book reports on studies intended to introduce a language strategy measurement developed in an EFL setting in the Indonesian context and the contribution of language learning strategies to the success in learning English as a foreign language. The studies focus on the use of language learning strategies used by university students for whom English was learned as a foreign language. This …
Evaluasi Pembelajaran Bahasa Asing pada Pendidikan Tinggi ini adalah buku teks yang bisa menjadi referensi untuk para dosen bahasa asing di tingkat perguruan tinggi. Buku ini diawali dengan bentuk pembelajaran bahasa asing di Indonesia, dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Pentingnya evaluasi pembelajaran bahasa asing ini perlu dipaparkan dengan jelas karena terdapat beberapa kesalahan u…
Buku ini berisi uraian yang dikembangkan berdasarkan kajian empiris yang terkait dengan penyelenggaraan pembelajaran BIPA, yaitu bahasa Indonesia untuk penutur asing. Melalui buku ini, pembaca akan memperoleh pemahaman belajar-mengajar bahasa Indonesia untuk penutur asing, faktor diri belajar bahasa asing, strategi belajar-mengajar bahasa asing, instrumen penilaian pembelajaran BIPA, dll. Papar…