Dalam konteks pendidikan, manajemen mutu merupakan pendekatan yang tak hanya mengarah pada penerapan proses efisien, tetapi juga pada pencapaian standar kualitas yang tinggi. Seiring dengan eksplorasi konsep, buku ini memberikan panduan praktis untuk menerapkan manajemen mutu pendidikan di lingkungan sekolah. Studi kasus; langkah-langkah implementasi; serta contoh praktik terbaik memberikan con…
Pendidikan Anak Usia Dini merupakan pendidikan dasar yang diselenggarakan bagi anak-anak dalam usia emas (golden age). Pada usia ini, segala potensi pada anak usia dini digali, dikembangkan, dan dibentuk untuk memenuhi harapan tercapaian tujuan pendidikan nasional yang tertuang dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003. Sehingga dalam penyelenggaraannya diperlukan penge…
Dalam buku ini penulis membagi materi ke dalam delapan konsep pembahasan inti yang terdiri atas manajemen pengelolaan pendidikan, konsep dasar pengelolaan pendidikan , pendekatan pengelolaan pendidikan, organisasi pengelolaan , jenis-jenis pengelolaan pendidikan , ke tatausahaan sekolah , superpisi pendidikan , pengawasan dan penilaian satuan pendidikan .Buku ini di harapkan dapat di pahami da…
Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi peran guru dalam manajemen peserta didik untuk meningkatkan kualitas peserta didik. Metode dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Studi literatur kualitatif dapat memberikan pemahaman yang mendalam tentang topik tertentu melalui analisis dan sintesis informasi dari berbagai sumber. Proses pengumpulan data melibatkan membaca, menganalisis, …
Pendidikan dalam kehidupan manusia sangat penting untuk dilaksanakan karena pendidikan adalah salah satu modal dalam melaksanakan hidup dan kehidupan manusia di muka bumi ini. Oleh karena itu, pelaksanaan manajemen pendidikan harus terus berkembang dari masa ke masa sesuai dengan perkembangan zaman dan teknologi, begitu juga dengan manajemen pendidikan. Manajemen pendidikan harus sesuai dengan …
manajemen adalah salah satu kawasan dalam bidang studi teknologi pendidikan , materi pembahasan pada buku ini merujuk pada salah stu esensi dari manajemen dan teknologi pendidikan. Sehingga pemahaman atas materi pada buku ini akan sangat bermanfaat bagi pemahaman secara deklaratif dan proseduraltentang manajemen teknologi pendidikan pada hampir semua sub kawasan pengelolaan.
Buku hasil karya David Wijaya ini menjelaskan secara rinci mengenai bagaimana sekolah sebagai organisasi sosial (social organization) dikelola secara baik dengan menjelaskan secara historis perkembanagan pengelolaan sekolah sejak awal hingga kontemporer. ” Prof. H.A.R. Tilaar, M.Sc.Ed.- Direktur Utama Lembaga Manajemen Universitas Negeri Jakarta
Buku ini memberi penjelasan tentang posisi dan kedudukan perencanaan dalam konteks administrasi pendidikan dan posisinya dalam mencapai tujuan pendidikan, baik pada tingkat lokal, regional dan nasional.