Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan mencakup kegiatan perencanaan, evaluasi, dan refleksi yang didesain untuk meningkatkan karakteristik, pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan. melalui siklus evaluasi, refleksi pengalaman belajar, perencanaan dan implementasi kegiatan pengembangan keprofesian guru secara berkelanjutan, maka diharapkan guru akan mampu mempercepat pengembangan pedagogik, pe…
Hingga saat ini, mutu guru di Indonesia masih patut untuk dipertanyakan sebab banyak dari mereka yang belum memenuhi standar kompetensi guru. Kompetensi yang dimaksud adalah kompetensi kepribadian, pedagogik, profesional, dan sosial. Terlebih lagi kondisi saat ini yang mengharuskan guru untuk melek teknologi dan meninggalkan cara lama ketika mengajar. Guru juga diharuskan memiliki keterampilan …
Pada dasarnya pendidikan adalah memanusiakan manusia. Oleh karena itu hubungan simbiotik antara manusia dan pendidikan tidak bisa dipisahkan. Tanpa pendidikan manusia takkan mampu tumbuh dan berkembang baik fisik maupun psikisnya. Di sisi lain pendidikan sendiri ditujukan hanya untuk manusia, yang artinya manusia adalah satu-satunya makhluk yang mempunyai hak memperoleh pendidikan Pengembangan…
Pada bagian awal buku ini, disoroti tentang masalah profesi kependidikan. Dituangkan tentang bagaimana profesionalisasi seorang guru, dan kompetensi yang dipersyaratkan untuk menjadi seorang guru. Juga dikemukakan pekerjaan lain yang dapat dikerjakan guru agar tidak terabaikan kebutuhan ekonominya. Pada bagian kedua, disoroti dan diberikan berbagai pemikiran dalam hal membenahi kualitas guru.