Buku ini memberikan informasi secara lengkap mengenai pengertian, macam, tujuan tentang hukum persaingan usaha dan perlindungan konsumen di Indonesia.
Buku ini terdiri dari beberapa bab, bab pertama tentang konsumen dan hukum perlindungan konsumen (HPK), bab kedua sejarah perlindungan konsumen di Indonesia dan di luar Indonesia, bab ketiga asas-asas dan tujuan perlindungan konsumen, bab keempat konsumen, bab kelima pelaku usaha, bab keenam fungsi dan peran lembaga-lembaga yang diatur dalam undang-undang no.8 tahun 1999 tentang perlindungan ko…
Buku ini memberi pertimbangan dan panduan dalam memahami hukum bisnis. Kita tahu bersama praktik perdagangan barang atau bisnis jasa, sering kali antara konsumen dan pelaku usaha berada dalam posisi yang tak seimbang, di mana konsumen berada pada poisisi yang lemah dibanding pelaku usaha. Tentu buku ini membahas hal itu, karenanya patut dijadikan penambah literasi hukum bisnis Indonesia.
Buku Hukum Perlindungan Konsumen ini berisi pasal-pasal undang-undang perlindungan konsumen. Termasuk aturan pelaksanaan yang berupa (1) Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2001 tentang Badan Perlindungan Konsumen Nasional; (2) Peraturan Pemerintah Nomor 58 Tahun 2001 tentang pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan perlindungan konsumen; (3) Peraturan Pemerintah Nomor 59 Tahun 2001 tentang Lem…