Buku ini hadir untuk memberikan panduan dan wawasan bagi para pendidik, orangtua, serta semua pihak yang peduli terhadap perkembangan peserta didik agar pembelajaran yang terjadi tidak hanya sebatas transfer ilmu, tetapi juga memberikan makna yang mendalam bagi kehidupan mereka. Pembelajaran bermakna bukanlah sekadar memahami materi pelajaran, tetapi juga bagaimana peserta didik mampu mengaitka…
Buku ini hadir sebagai sumber inspirasi serta pengetahuan mengenai pentingnya perencanaan dalam pendidikan Islam. Pentingnya perencanaan yang baik dalam bidang pendidikan Islam karena pendidikan Islam diyakini sebagai jalan hidup manusia yang paling baik oleh umat Islam. Sebagai jalan yang paling baik, pendidikan Islam perlu direncanakan secara baik dan sistematis sehingga pendidikan Islam ben…
Bangsa Indonesia sedang menghadapi krisis yang mencakup banyak aspek dan mengalami penurunan dalam berbagai hal. Padahal, dunia ini memiliki banyak sumber daya potensial yang melimpah. Kenyataannya, banyak orangâterutama rakyatâyang belum merasakan kemakmuran, kesejahteraan, dan keadilan. Masalah yang kompleks ini tidak dimaksudkan untuk menyalahkan pemerintah yang kinerjanya mungkin …
Selama membaca buku ini, pembaca akan mengenal berbagai model pendidikan karakter, termasuk yang berbasis nilai, yang mengedepankan contoh, dan yang menekankan kepemimpinan. Setiap model memiliki ciri khasnya sendiri dan relevansinya dalam konteks pendidikan karakter. Buku ini diharapkan akan menjadi panduan bermanfaat bagi pendidik, orang tua, dan individu yang peduli dengan perkembangan kepr…
Buku ini membahas bagaimana pemanfaatan modal budaya sebagai penguat pendidikan karakter berbasis ajaran Ki Hadjar Dewantara untuk pendidikan yang masih relevan bagi masyarakat dan bangsa kita dalam era pembangunan khususnya pembangunan karakter bangsa dirasa perlu dan penting karena pemikiran dan ajaran Ki Hadjar Dewantara kini menjadi slogan-slogan tanpa arti. Kita lebih mengenal teori-teori …
Pembelajaran bukan sekedar memberikan pengetahuan =, nilai atau pelatihan keterampilan, melainkan berfungsi mengaktualkan potensi dan pengembangan , kemampuan siswa. Setiap siswa memilikii potensi dan pengetahuan awal (Pengalaman), maka guru memberdayakan siswa agarpotensi dan pengetahuannyatersebut bermanfaat bagi kehidupan nya.
Pendidikan Karakter mengkaji terkait pentingnya mengajarkan; membiasakan; serta melatih secara konsisten mengenai pendidikan karakter terhadap anak-anak. Pendidikan karakter diharapkan dapat menghasilkan anak-anak yang tidak hanya memiliki pengetahuan akademik yang baik, tetapi juga memiliki karakter yang berkualitas. Pada hakikatnya, pendidikan karakter tersebut didefinisikan sebagai usaha men…
Buku ini sangat cocok untuk di jadikan referensi, terutama bagi para akademisi yang sedang mengkaji mengenai pendidikan karakter melalui pembiasaan akhlak. selain itu pada buku ini juga akan membahas mengenai hasil penelitan yang membahas mengenai penguatan pendidikan karakter mellui pembiasaan akhlak mulia.
Buku ini hasil dari penelitian tentang peran keluarga, sekolah dan media sosial terhadap karakter santun anak. Bahwa tak hanya kognetif, tapikarakter santun juga harus menjadi perhatian. kesantunan menjadi hal yang jarang terlihat dewasa ini. untuk itu ada peran yang harus dilaksanakan oleh tri pusat pendidikan : keluarga, sekolah, dan lingkungan.
Dalam meningkatkan mutu pada bidang pendidikan, terdapat banyak faktor yang berpengaruh, seperti mutu masukan pendidikan, mutu sumber daya pendidikan, mutu guru dan pengelola pendidikan, mutu proses pembelajaran, sistem ujian dan pengendalian mutu, serta kemampuan pengelola pendidikan untuk mengantisipasi dan menangani berbagai pengaruh lingkungan pendidikan. Guru merupakan unsur penting dan be…