Buku ini membahas secara komprehensif bagaimana mengelola peserta didik di berbagai tingkatan pendidikan. Manajemen peserta didik menghadirkan pandangan yang mendalam tentang peran manajemen dalam menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan menyeluruh. Pembaca akan diajak untuk memahami strategi perencanaan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan beragam peserta didik. Mulai dari identifikasi t…
Buku ini disusun dikarenakan adanya kebutuhan di dunia pendidikan terkait perkembangan peserta didik sekolah dasar. Buku ini dapat dijadikan sebagai pegangan dan rujukan bagi para mahasiswa dan Dosen PGSD, demikian juga bagi para guru SD karena di dalamnya membahas tentang berbagai aspek dari perkembangan peserta didik SD.
Perkembangan dapat diartikan sebagai suatu proses perubahan yang terjadi di dalam diri individu yang menyangkut aspek fisik ataupun psikis menuju tingkat kedewasaannya. Berhubungan dengan hal tersebut, pendidikan mempunyai peranan yang penting dalam perkembangan peserta didik. Pendidikan menjadi salah satu wadah yang berfungsi membekali peserta didik untuk berinteraksi, memahami, dan bersosiali…
Buku ini menjadi referensi wajib bagi guru dan mahasiswa calon guru agar dapat mengelola dan melaksanakan kegiatan pembelajaran dikelas dengan sempurna.
Perkembangan dimaknai sebagai suatu proses perubahan dalam diri individu atau organisme, secara fisik maupun psikis, menuju tingkat kedewasaan atau kematangan. Perkembangan itu berlangsung secara sistematis, progresif, dan berkesinambungan. Secara psikis perkembangan mengarah kepada pembentukan kepribadian, yang sangat menentukan seseorang dalam bersosialisasi.
Materi yang dibahas dalam buku ini : 1. Orentasi Pertumbuhan 2. Perkembangan peserta didik 3. Pertumbuhan dan peerkembangan fisik anak sekolah dasar 4. Pertumbuhan dan perkembangan anak SMP
Proses pembelajaran pada semua jenis, dan jenjang pendidikan tanpa dipandu dengan pemahaman guru tentang perkembangan peserta didik hanya akan menjelma sebagai tindakan rambang dan cenderung antipedagogis. Dengan praktik-praktik anomali semacam itu, transformasi bahan ajar oleh guru akan menjelma laksana memilih beragam sajian menu prasmanan hanya semata-mata atas dasar reka-reka selera makan o…
Manajemen peserta didik dapat diartikan sebagai usaha pengaturan terhadap peserta didik mulai dari peserta didik tersebut masuk sekolah sampai dengan mereka lulus sekolah. Tujuan umum manajemen peserta didik adalah: mengatur kegiatan-kegiatan peserta didik agar kegiatan-kegiatan tersebut menunjang proses belajar mengajar di sekolah, selanjutnya proses belajar mengajar di sekolah dapat berjalan …
Perkembangan dimaknai sebagai suatu proses perubahan dalam diri individu atau organisme, secara fisik maupun psikis, menuju tingkat kedewasaan atau kematangan. Perkembangan itu berlangsung secara sistematis, progresif, dan berkesinambungan. Secara psikis perkembangan mengarah kepada pembentukan kepribadian, yang sangat menentukan seseorang dalam bersosialisasi. Di dunia pendidikan proses sos…